AMITHABHA BUDDHA (O MI TUO FO)
OMi Duo Fo adalah Amitabha Buddha disebut juga "WU LIANG SHOU FO
Menurut Buddhis Mahayana, asal mula Amitabha adalah seorang Raja Karena suatu hari ia meninggalkan tahta kerajaan dan rela menjadi bhiksu dengan nama "Dharmakarsa", yang berarti "Putra Dharma". Di-ilhami kotbah sang Buddha pada masa itu, Lokesvaraja Buddha, yang mengajarkan kepadanya jalan penerangan yang sempurna sejak berabad-abad lampau.
Dharma karsa lalu mengucap 48 janji untuk menyelamatkan mahluk - mahluk yang sengsara. Sejak jaman itulah ia disebut Bodhisatva Dharmakarsa.
Setelah melewati 5 masa penempaan diri, ia memperoleh penerangan sempurnan dan menjadi Buddha Amitabha. Ini berarti bahwa janji yang penuh balas kasih dan keagungan itu menjadi kenyataan. Firdaus yang dikenal dengan nama Tanah Suci atau Sukhavati dibangunnya, mahluk - mahluk yang menderita pasti dan akan diantar ke sana apabila mereka dengan segenap ketulusan hati menyebut namanya.
Do'a sederhana yang perlu diucapkan berulangkali adalah "Namo O Mi Duo Fo" atau dalam bahasa Sanskrit "Namo Amitabha Buddha" yang berarti dengan segala hormat kepada Amitabha Buddha atau "saya berlindung pada Amitabha Buddha". Hari lahimya diperingati pada tanggal 17 bulan 11 Imlek
Amitābha
(bahasa Sanskerta: अमिताभ, Amitābha, pengucapan bahasa Hindi: [əmɪtaːbʱə];
Amitābho; bahasa Mandarin: 阿彌陀佛, Ēmítuó Fó; bahasa Jepang: 阿弥陀如来, Amida Nyorai;
bahasa Tibet:
འོད་དཔག་མེད།, Ö-pa-me; bahasa Mongol: Одбагмэд Odbagmed,
Аминдаваа Amindavaa, Аюуш Ayush) adalah seorang Buddha surgawi yang dijelaskan
dalam kitab suci Tipiṭaka aliran Buddha Mahāyāna. Amitābha adalah buddha utama
di sekte Tanah Murni yang berkembang terutama di Asia Timur. Menurut kitab ini,
Amitābha menjadi Buddha dikarenakan dari perbuatan baik atas kehidupan masa
lalu yang tak terhitung jumlahnya sebagai Bodhisattva bernama Dharmakāra.
"Amitābha" dapat diterjemahkan sebagai "Cahaya tidak
terbatas", karena itu Amitabha sering disebut sebagai "Buddha dengan
Cahaya tidak terbatas".
Pada
versi sūtra yang dikenal luas di China, Vietnam, Korea, dan Jepang, Sumpah
ke-18 Dharmakāra adalah bahwa setiap makhluk di alam semsta manapun yang ingin
terlahir di Tanah Suci Amitābha dan menyebut namanya bahkan hanya sebanyak 10
kali akan dipastikan untuk terlahir kembali di sana. Sumpah ke-19 menjanjikan
bahwa, bersama dengan para Bodhisatwa dan makhluk suci lainnya, akan muncul di
hadapan mereka yang menyebut namanya pada saat menjelang kematian. Keterbukaan
dan penerimaan terhadap semua manusia tanpa terkecuali membuat Aliran Tanah
Suci memiliki pengaruh besar terhadap Mahāyāna Buddhisme. Aliran Tanah Suci
awalnya menjadi populer di barat laut India/Pakistan dan Afganistan,
selanjutnya menyebar sampai ke Asia Tengah and China.
Doktrin
dasar mengenai Amitābha dan sumpah-sumpahnya ditemukan pada tiga kanonikal teks
Mahāyāna:
Sutra Kehidupan Tanpa Batas/Sutra Panjang
Sukhāvatīvyūha
Sutra Amitabha/Sutra Pendek Sukhāvatīvyūha
Sutra Perenungan/Sutra Amitāyurdhyāna
Melalui
usahanya, Amitābha menciptakan "Tanah Suci" (净土, pinyin: jìngtŭ; Jepang:
jōdo; Vietnam:
tịnh độ) yang disebut Sukhāvatī (Sanskerta|Sanskrit) atau "Tanah
Kebahagiaan"). Sukhāvatī berlokasi jauh di barat di luar tata surya kita.
Dengan kekuatan sumpahnya, Amitābha membuatnya memungkinkan bagi siapapun yang
menyebut namanya untuk terlahir kembali pada alamnya, memperoleh bimbingan
dharma dari dirinya demi mencapai ke bodhisattvaan dan pada akhirnya kebuddhaan . Dari sana,
para Bodhisatwa dan Buddha tersebut akan kembali ke bumi untuk menolong lebih
banyak makhluk.
Amitābha
adalah Buddha cinta kasih tanpa batas. Beliau tinggal di barat (digambarkan
dalam posisi meditasi) dan berupaya untuk mencerahkan setiap makhluk
(digambarkan dalam posisi memberi berkah). Teknik paling penting yang beliau
ajarkan adalah memvisualisasikan seluruh alam di sekitar sebagai tanah suci.
Siapapun yang melihat dunianya sebagai tanah suci akan membangkitkan energi
pencerahannya. Dunia dapat terlihat sebagai tanah suci dengan jalan menyatukan
pikiran-pikiran positif (pikiran pencerahan) atau dengan mengirimkan cinta
kasih kepada semua makhluk (berharap semua makhluk berbahagia). Menurut doktrin
Amitabha, seseorang dapat datang ke tanah suci Amitābha jika pada saat
menjelang kematiannya, mereka memvisualisasikan Amitābha bercahaya terang
seperti matahari tepat di atas kepala mereka, mengulang-ulang nama beliau
sebagai mantra dan melepaskan jiwa (kesadaran) melalui cakra mahkota.
Wajrayāna
Buddhisme
Mahasthamaprapta, Budda Amitabha, Avalokitesvara |
Amitābha
juga dikenal di Tibet, Mongolia, dan wilayah lain yang mempraktikkan
aliran Buddhisme Tibet.
Pada kelas yoga tantra tertinggi Wajrayana Tibet, Amitābha disebutkan sebagai
salah satu dari Lima Dhyāni Buddha (bersama dengan Akṣobhya, Amoghasiddhi, Ratnasambhava,
dan Vairocana). Beliau diasosiasikan dengan arah barat dan skandha dari saṃjñā,
kebijaksanaan membedakan dan kesadaran mendalam masing-masing individu.
Pasangan beliau adalah Pāṇḍaravāsinī Alamnya disebut Sukhāvatī (Sanskrit) atau
Dewachen (Tibetan). Dua muridnya yang utama (sebagaimana Buddha Sakyamuni yang
juga memiliki dua murid utama) adalah Bodhisatwa Vajrapani dan Avalokiteshvara,
Vajrapani di sisi kiri dan Avalokiteshvara di sisi kanan. Pada Buddhisme Tibet, terdapat
sejumlah doa terkenal agar terlahir kembali di Sukhāvatī (Dewachen). Salah
satunya adalah yang ditulis oleh 'Je Tsongkhapa atas permintaan on the request
of Manjushri.
Selain
mantra-mantra di atas, banyak sekolah Buddhis menyebut Amitābha dengan nama
Nian Fo (念佛) dalam bahasa China
dan Nembutsu dalam bahasa Jepang.
Akar
kata dari nama Amitābha dalam Bahasa Sanskerta adalah Amitābha, maskulin, dan
bentuk nominatif singularnya adalah Amitābhaḥ. Ini merupakan penyusun kata
Sanskrit amita ("tanpa batas, tak terhingga") dan ābhā ("cahaya,
kemilau"). Dengan demikian, nama tersebut dapat diinterpretasikan sebagai
"ia yang memiliki cahaya tanpa batas, ia yang kemilaunya tak
terhingga".
Buddha
Amitabha dalam bahasa China diterjemahkan menjadi Āmítuó Fó (阿彌陀佛), dimana Āmítuó
menampilkan tiga aksara Amitābha atau Amitāyus, dan Fó adalah bahasa China
untuk Buddha (diambil dari suku kata pertama Buddha dalam bahasa Sanskerta).
Nama Amitābha disebut sebagai Wúliàngguāng (無量光; "Cahaya Tanpa Batas"), sementara nama
Amitāyus sebagai Wúliàngshòu (無量壽; "Usia Tanpa Batas"). Kedua nama yang
terakhir itu jarang digunakan.
Beliau
juga disebut Amida Nyorai (阿弥陀如来) dalam bahasa Jepang, memiliki arti "Amitābha
Sang Tathāgata". Dalam bahasa Tibet, Amitābha disebut 'od.dpag.med dan
Amitāyus sebagai tshe.dpag.med.
Ikonografi
Semua
Buddha digambarkan memiliki wujud yang sama sehingga orang awam mungkin tidak
dapat membedakan mereka. Masing-masing Buddha bisa dibedakan dari sikap
mudranya: Amitābha sering digambarkan, saat bersila, menampilkan mudrā
meditasi(kedua ujung ibu jari saling bersentuhan dan jari-jari yang lain saling
menumpang) atau mudrā pemberkatan. Mudrā menyentuh bumi(tangan kanan menunjuk
ke bumi) hanya digunakan untuk Buddha Sakyamuni saja. Amitabha juga ditampilkan
membawa setangkai lotus/bunga teratai sambil menampilkan mudra meditasi.
Saat
berdiri, Amitābha selalu digambarkan dengan tangan kiri mengarah ke bawah
dengan ibu jari menyentuh sisi dalam keempat jari, tangan kanan di depan tubuh
dengan posisi jari yang sama. Maksud dari mudra ini adalah kebijaksanaan
(disimbolkan dengan tangan yang terangkat) dapat diakses bahkan oleh makhluk
berderajat paling rendah, sementara tangan yang mengarah ke bawah menunjukkan
bahwa cinta kasih Amitabha diarahkan pada makhluk-makhluk rendah yang tidak
dapat menolong diri mereka sendiri.
Jika
tidak ditampilkan sendiri, Amitābha selalu digambarkan dengan dua pendamping:
Avalokiteśvara di kanan dan Mahāsthāmaprāpta di kiri.
Buddha Amitabha sering ditampilkan dengan membawa teratai, apabila bersanding dengan Buddha Yoa si fo dan Buddha Sakyamuni (TRI RATNA BUDDHA).
Related Post:
- BODISATTVA
- SAKYAMUNI BUDDHA. (SE JIA MOU NI FO)
- YU HUANG SHANG DI (Kaisar Pualam)
- DEWI PENGUASA LANGIT BARAT DAN TIMUR (XI WANG MU DAN DONG WANG GONG)
- BHAISJYA GURU BUDDHA (YAO SHI FO)
ReplyDeleteAGEN JUDI TOGEL | BANDAR TOGEL TERPERCAYA | LIVE CASINO GAMES ONLINE
WWW.PANGERANMIMPI.LIVE
WWW.PANGERANMIMPI.ORG
WWW.PANGERANMIMPI.CLUB
WWW.PANGERAN88.NET merupakan situs untuk pencinta permainan togel online serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 jam. Dengan system enkripsi tingkat tinggi menjamin keamanan dan kerahasian data dari member-member kami.
Daftar dan bergabung bersama kami di PANGERANMIMPI - BANDAR TOGEL ONLINE TERPERCAYA2
BANDAR TOGEL ONLINE NOMOR 1
ReplyDeleteWWW.TOP1TOTO.COM
merupakan situs untuk pencinta permainan togel online
serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 Jam.
Aman Dan Terpercaya serta Pelayanan Depo/WD Tercepat
Min Depo 20.000
Min WD 50.000
Whatsapp : +85517338789
Daftar dan bergabung bersama kami di
TOP1TOTO.VIP
TOP1TOGEL.COM
TOP1 TOTO.COM
TOP1JAYA.COM
SALAM JACKPOT..
Om Ami dewa hrih
ReplyDeleteSemoga semua makhluk bahagia bebas derita,mencapai pencerahan sempurna
Terkadang gak tau cara pemikiran org, masa di forum dharma, masih aja pada promosi judi online, tolong lah harga forum ini biar sama sama kita belajar untuk kebaikan diri kita, toh ujung ujung itu semua kembali buat diri kita
ReplyDelete
ReplyDeleteBANDAR TOGEL ONLINE NOMOR
WWW.KARTUTOTO.COM merupakan situs untuk pencinta permainan togel online serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 Jam.
Aman Dan Terpercaya serta Pelayanan Depo/WD Tercepat
Min Depo 20.000
Min WD 50.000
Whatsapp : +6282172887778
Daftar dan bergabung bersama kami di
WWW.KARTUTOTO.COM
SALAM JACKPOTTTZ