Sunday, December 14, 2014

Na Cha /Lo Cia (Tiong Tan Goan Swee)



Na Cha atau Lo Cia

Na Cha atau Lo Cia bermarga Lie yang lahir pada zaman Dinasti Shang pada tanggal 09 bulan yang ke 09 tahun 1766-1402 SM di kota Chen Tang koan. Jadi, setiap tanggal 09 bulan 09 tahun imlek

Ayah Na Cha bernama Lie Tjeng yang seorang panglima tinggi yang memimpin garisan kota Chen Tang Koan. Lie Tjeng memiliki 3 orang anak laki-laki. Yang pertama bernama Jin Zha, yang kedua bernama Mu zha dan yang terakhir yang ketiga adalah Na Zha/Na Cha.

Na Cha tumbuh dengan memiliki kekuatan yang hebat dibandingkan dengan saudaranya, Jin Zha, Mu Zha.
Na Cha memiliki guru bernama Tay ie Cin Jin. Beliau adalah Dewa yang membantu Na Cha. Na Cha beberapa kali menghadapi malapetaka dalam hidupnya.

Na Cha merelakan dirinya untuk mati hanya untuk membalas jasa kebaikan orangtuanya yaitu Lie Tjeng.

Dan Na Cha dihidupkan kembali dengan bunga Lotus oleh kekuatan dewa, yaitu dari gurunya Tay ie Cin Jin. Na Cha hidup kembali dan harus mengumpulkan kebajikan dalam hidupnya untuk dapat menjadi Dewa dengan tuntunan dari yang Suci Guru Tay ie Cin Jin.

Na Cha berhasil membuktikan dirinya agar dapat menjadi Dewa. Dan Na Cha sendiri memiliki benda-benda pusaka dalam dirinya untuk membantu umat manusia agar dapat terhindar dari mara bahaya Iblis/Siluman-siluman yang menghadang.


Diantaranya, mengendarai sepasang roda Agin dan Api (HONG HWE LUN), dan tangannya menjinjing tombak berujung Api dan sebelah tangannya menggenggam Gelang Emas Besar. Maka dari itu kim sin Na Cha sering digambarkan dengan wajah anak kecil/remaja dengan mengendarai roda api, kadang banyak orang salah mengartikan Na cha dengan Ang Hay Jie (Shan Cai murid dari Dewi Kwan Im).


Dan Goan Si Thian Cun (seorang dari Trimurti Taoisme yang merupakan dewa tertinggi dari Taoisme) memberi gelar kepada Na Cha/Lo Cia dengan gelar TIONG TAN GOAN SWEE (Jendral/Panglima Altar Tengah) yang memimpin pasukan Langit yang disebut Sa Cap Lak Kwoan Ciang (36 jendral perang yang bertugas mengawal para dewa di Langit dan di Bumi, dan menolong manusia dari setan Iblis dan menangkap roh-roh jahat yang mengganggu umat manusia).


Dikalangan Rakyat, Na Cha dijuluki/dikenal juga sebagai Tiong Tan Goan Swee (Panglima Altar Tengah), Sam Tay Cu (Pangeran Ke Tiga), Na Cha Tay Cu (Na Cha Sang Pangeran), Lo Cia Tay Cu (Lo Cia Sang Pangeran), Tay Cu Ya (Kakek Pangeran), dan Kim Wan Goan Swee (Panglima Gelang Emas).

No comments:

Post a Comment