Wednesday, November 19, 2014

Dewa Dewi dalam TRIDHARMA

Berikut adalah Dewa-Dewi yang biasa/sering kita jumpai dalam Kelenteng : 

Tian ( Tuhan Yang Maha Kuasa )
Pengertian Tuhan dalam aliran kepercayaan Tridharma memiliki pengertian yang berbeda dari agama-agama lain, disini sering kita mengartikan Tuhan adalah Tian, sebenarnya kurang begitu pas, pengertian Tuhan disini tidak dapat terjangkau oleh pemikiran manusia kenapa begitu dalam agama lain Tuhan adalah mutlak dan hanya satu kekal,dan pencipta, nah tentunya agak berbeda dalam kelenteng yang mengenal struktur dewata, berbagai alam



3 guru agung (Tri Nabi Suci)

istilah 3 guru agung (Tri Nabi Suci) hanya ada di negara Indonesia, sedang di negara lain sosok mereka terpisah-pisah sebagai agama tunggal, banyak umat tridharma dalam hal ini diwakili kelenteng yang sering bingung dan bertanya kenapa bisa 3 guru agung (Tri Nabi Suci) ini ada dalam 1 tempat ibadah yaitu kelenteng


Thay Siang Lo Kun (Lao Zi)
 
Thay Siang Lo Kun atau Tai Shang Lao Jun dikenal juga dengan nama Maha Dewa Thay Siang, yang diwujudkan dalam diri Li Er alias Li Dan alias Lao Tse (Lao Zi) atau Lo Kun Ya (Lao Jun Ye), pendiri Taoisme.
Lao Tse atau Lao Zi dilahirkan pada tahun 604 SM, dengan nama Lie Djie (Li Er). Konon menurut cerita, sejak dilahirkan memang rambut dan alis Lie Djie sudah putih semua, mirip orang tua


Confucius
(Tionghoa: ; Pinyin: Kong[1]) (Tiong: ; Py: Qiū)
Lahir    28 September 551 SM
Qufu, Dinasti Zhou
Meninggal       479 SM (usia 71–72)
Qufu, Dinasti Zhou
Era       Filosofi Kuno
Aliran Pendiri Konfusianisme



BHAISJYA GURU BUDDHA. (YAO SHI FO)

Yao Shi Fo ( Yok Su Hud-Hokkian ) atau Bhaisajya Guru Buddha dalam bahasa Sanskrit, adalah salah satu Buddha dari masa yang paling awal. Beliau dikenal sebagai Buddha yang ahli dalam menyembuhkan penyakit Banyak pihak telah memperoleh berkah dalam bentuk kesembuhan secara ajaib dari penyakitnya, sebab itu Yao Shi Fo sebagai guru pengobatan amat dekat dihati masyarakat luas.




AMITHABHA BUDDHA. (O MI TUO FO).

OMi Duo Fo adalah Amitabha Buddha disebut juga "WU LIANG SHOU FO
Menurut Buddhis Mahayana, asal mula Amitabha adalah seorang Raja
Karena suatu hai ia meninggalkan tahta kerajaan dan rela menjadi bhiksu  dengan nama "Dharmakarsa", yang berarti "Putra Dharma". Di-ilhami kotbah sang Buddha pada masa itu, Lokesvaraja Buddha, yang mengajarkan kepadanya jalan penerangan yang sempurna sejak berabad-abad lampau.

SAKYAMUNI BUDDHA. (SE JIA MOU NI FO).

Se Jia Muo Ni Fo dalam bahasa Sanskrit disebut Sakyamuni Buddha.
Secara umum Sakyamuni Buddha disebut Ru Lai Fo (Ji Lay Hud - Hokkian ), dan hari lahimya diperingati pada tanggal 8 bulan 4 Imlik.
Menurut sejarah, Sakyamuni Buddha adalah Sidharta Gautama atau yang kemudian lazim disebut sebagai Buddha Gautama. Sidharta lahir pada tahun 560 SM di sebuah negeri yang bernama : Kapilavastu dekat Nepal. Ayahnya adalah Raja Sidhodana dari Suku Sakya. Karena berasal dari Suku Sakya inilah maka kemudian beliau disebut sebagai Sakyamuni Buddha.
Permaisuri Mahamaya sebelum melahirkan Sidharta, mimpi melihat seekor gajah putih memasukki rahimnya. Sang bayi Sidharta kemudian dilahirkan lewat pinggang sang ibu.


Mengenal lebih dekat beberapa Bodhisattva

Ada begitu banyak Bodhisattva yang kita puja. Tetapi, akan lebih baik jika kita mengetahui, mengenal lebih dekat akan Bodhisattva yang kita puja.



Di dalam ajaran Buddha, Bodhisattva (Pali: Bodhisatta) adalah seseorang yang mendedikasikan hidupnya untuk mencapai pencerahan. Dari asal katanya, Bodhi berarti “pencerahan” dan Sattva berarti “menjadi”, dan dapat juga merujuk pada Buddha dalam kehidupan lampaunya.


 

Yu Huang Da Di (Giok Hong Tay Tee – hokkian), biasanya disebut sebagai Tian Gong Zu (Thian Kong Co – hokkian). Kadang-kadang disebut sebagai Yu Huang Shang Di (Giok Hong Shang Te – hokkian), yang secara harfiah berarti “Kaisar Pualam”, sebab Pualam atau Kumala merupakan lambing kesucian. Beliau dianggap sebagai pelaksana tertinggi pemerintahan alam semesta, bertahta di kahyangan.



HOUTU (BUNDA BUMI)

HOUTU adalah penguasa tertinggi dibumi dan segala isinya, kedudukan beliau adalah berbalik dengan Shangdi ( Kaisar Langit), HOUTU membawahi ribuan dewata bumi, dewa gunung, dewa air/sungai dll, cerita tentang HOUTU sangat jarang didengar karena itu pemujaannya juga lebih sedikit daripada YU HUANG SHANG DI.







Seperti yang kita ketahui sangat susah mencari literatur tentang dewata-dewata yang ada didalam kelenteng dikarenakan asal-usul sejarah dewata yang ada dikelenteng kebanyakan berasal dari Tiongkok, berikut adalah klasifikasi dewata dalam kelenteng,

Nama Ksitigarbha adalah perkataan dari bahasa sansekerta yang mengandung arti bumi tempat menyimpan ke-sepuluh sutra roda kehidupan. Sang Bodhisattva ini dikenal secara populer dilingkungan rakyat berbagai bangsa di dunia, karena beliau telah menyeberangkan, menyelamatkan makhluk





Guan Sheng Di Jun {Hok Kian = Kwan Seng Tek Kun} atau yang lebih dikenal sebagai 關公 Guan Gong {Kwan Kong} adalah seorang Jenderal terkenal yang hidup pada zaman Tiga Negara (Sam Kok, 165 – 219 M). Beliau lahir di He Dong (sekarang Jie Zhou), propinsi Shan Xi, dan bernama asli 關羽 Guan Yu alias Guan Yin Zhang.....






  • ZHANG TIAN SHI / THIO THIAN SU 張天師 (GURU LANGIT)_______

    ZHANG TIAN SHI / THIO THIAN SU 張天師
     
    Zhang Tian Shi / Thio Thian Su 張天師 (34-156) adalah pendiri agama Dao Jiao / To Kau 道教. Nama aslinya Zhang Dao Ling / Thio To Leng 張道陵, dia adalah keturunan ke-8 dari Zhang Liang / Thio Liang 張良, seorang ahli siasat perang pada awal dinasti Han 漢朝.

     

     


Cap Go Me (tanggal 15 bulan 1 Imlek) adalah penutup dalam rangkaian perayaan menyambut Tahun Baru Imlek. Dalam Taoisme perayaan ini disebut Shang Yuan untuk memperingati Se Jit (ulang tahun) salah satu dari San Guan Da Di {Hok Kian = Sam Kwan Tay Te} yaitu Tian Guan. Pada hari ini mereka mengharap berkah dari Tian Guan (Shang Yuan Tian Guan Ci Fu).



Tuo Ta Tian Wang (Tok Tha Thian Ong - Hokkian) atau secara umum dipanggil Li Tian Wang (Lie Thian Ong — Hokkian) adalah seorang panglima perang termasyur yang sangat berjasa dalam membantu Li Shi Min (Lie Si Bin - Hokkian) mendirikan dinasti Tang.
Nama aslinya adalah Li Jing (Li Ceng — Hokkian). Setelah berhasil, Li Jing ternyata tidak menyukai kemewahan dunia, maka ia meninggalkan jabatannya dan kemudian bertapa di atas gunung.



HE HE ER XIAN adalah shen bing yang melambangkan keharmonisan, dimana arti kata nya adalah dua orang he yang abadi, kim sin dari HE HE ER XIAN sering terlihat sebagai Dua anak laki-laki yang asik bermain/menari, kadang mereka memegang lotus (荷 - hé) dan kotak kecil (盒 – hé), adapula yang di bawakan kotak bertulis shuang xi - 囍 (Double Happiness).



王靈官 Wang Ling Guan

王元帥 Wang Yuan Shuai,alias 王靈官 Wang Ling Guan
Wang Yuan Shui / wang Ling Guan adalah dewa pelindung kelenteng Taoism, di depan pintu kelenteng Taoism biasanya terdapat patung/kimsin dewa seorang prajurit sangar,berbaju besi lengkap,wajah merah,dengan raut yang tidak bersahabat/bengis,dewa tersebut tidak lain adalah dewa Wang Ling Guan





DEWA-DEWA BINTANG.
NAN DOU, BEI DOU, DONG DOU, ER SHI BA XIU

Nan-dou (Lam To - Hokkian), Bei-dou (Pak To - Hokkian) dan Er-shi-ba Xiu (Dji-tjap-pat Siu — Hokkian) adalah Dewa Bintang-bintang yang biasa dipuja sebagai pelengkap pemujaan dalam kelen-
teng Tian Gong Miao (kelenteng yang memuja Yu Huang Da Di).
Yang dimaksud dengan Nan-dou adalah Bintang Panjang Umur ialah Nan Ji Xian Weng (Lam Kek Si an Ong — Hokkian), sedangkan Bei-dou adalah Bei Dou Qi Xing atau Tujuh Bintang Utara.


DOU MU DAN JIU HUANG YE
Dou Mu atau Bunda Gantang adalah Dewi dari Bintang Utara, Dewi ini dipuja bersama-sama oleh kaum Buddhist dan Taoist. Menurut E.T.C. Werner dalam bukunya "Myths and legends of China", Dou Mu sebetulnya adalah berasal dari Marici, seorang dewa dari India, yang kemudian dimasukkan ke dalam khasanah kedewaan kaum Taoist. Kedudukannya di dalam Daoisme kira-kira setara dengan


Hua Tuo   adalah seorang ahli pengobatan yang bijaksana dan sebagai penemu latihan Gerakan Lima Jenis Hewan (Wu Jin Zhi Shi) yang kesohor dan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia.
Beliau boleh dikatakan sebagai wakil yang menonjol dan pakar dalam kehebatan ilmu pengobatan secara operasi /bedah di Tiongkok pada jamannya. Menurut catatan sejarah, beliau pernah melakukan operasi yang berhasil pada lengan Jendral Guan Yun Zhang 关云長 (Guan Kong), yang terluka





Xuan Tian Shang Di [Hian Thian Siang Te - Hokkian] adalah salah satu Dewa yang paling populer, wilayah pemujaannya sangat luas, dari Tiongkok utara sampai selatan, Taiwan, Malaysia dan Indonesia.
Pemujaan terhadap Xuan Tian Shang Di  mulai berkembang pada masa Dinasti Ming. Dikisahkan pada masa permulaan pergerakannya, Zhu Yuan Zhang (pendiri Dinasti Ming), dalam suatu pertempuran pernah mengalami kekalahan besar, sehingga ia terpaksa bersembunyi di







Damo Zushi (Tat Mo Co Su)

Damo Zushi (Tat Mo Co Su) adalah pendiri aliran Chan (Zhen), di tiongkok, nama awalnya  adalah BodhiDharma. Beliau memasuki Tiongkok pada zaman enam dinasti (386-589) pertama kali tinggal di jianye, kemudian memasuki Louyang dan tinggal di biara Shaolin, di pegunungan song shan.
Bodhidharma atau damo, lahir di India selatan, termasuk suku brahma, setelah menjadi pendeta ia dengan tekun mendalami aliran Mahayana.  
 
Hou Shen (Dewa yang di perwujudannya seekor harimau )
                Hou shen atau Pai Hu(harimau putih), adalah sosok dewa yang dilambangkan dengan tubuh Harimau, banyak sekali perdebatan tentang hal ini, bahkan banyak juga yang melarang akan hal ini, tetapi banyak juga yang menerima berkah dan mempercayai Hou Shen sebagai dewa. beberapa pertanyaan umum sering diperdepatkan dalam forum atau pun diskusi antar lain:

MEN SHEN / MENG SIN / DEWA PINTU 
            Asal usul keberadaan 門神 Men Shen {Hok Kian = Mui Sin} Dewa Pintu sudah sangat lama. Hal ini membuktikan bahwa dari zaman dulu, rakyat sangat menaruh perhatian pada keamanan pintu. Fungsi Dewa Pintu walaupun tidak bisa dibandingkan dengan sistem keamanan berteknologi canggih seperti zaman sekarang, namun peranan yang bisa dikembangkan yaitu memberikan rasa tenang & tentram, bahkan tidak bisa diharapkan dari sistem keamanan.

18 Arahat ( Se Pa Lo Han )

Orang Tionghoa menamakan murid Sakyamuni Buddha, yang setingkat lebih rendah dari Boddhisatva, Luo Han, yang berarti "Arhat" atau "Arahat" atau "Arahan" yaitu "Pemusnah Nafsu" dan "yang patut dihormati", atau "Zun-zhe. ( Cun Cia - Hokkian ). para Luo Han itu diberi kekuasaan diberbagai tempat dunia ini. Ditiap tempat Luo Han yang berkuasa, di bantu oleh sekelompok Luo Han 




福德正神 Fu De Zheng Shen {Hok Kian = Hok Tek Cin Sin } adalah Dewa Bumi yang secara umum disebut pula sebagai 土地公 Tu Di Gong {Hok Kian = Tho Tek Kong }. Tua Pek Kong atau Toa pe kong (Chinese: 大伯公; pinyin: Dàbó Gōng Hakka: Thai phak koong: Hokkien: Tuā-peh-kong).
Ada sebuah versi yang mengatakan bahwa Hok Tek Cin Sin adalah 張福德 Zhang Fu De {Hok Kian = Thio Hok Tek}, seseorang yang pernah hidup di zaman Dinasti Zhou (Masa Kaisar Zhou Wu Wang). Zhang Fu  


Erl Lang Shen

Li Bing, seorang Gubernur dari propinsi Xi Chuan, yang hidup di zaman dinasti Qin. Pada masa itu, Sungai Min ( Min Jiang, salah satu cabang Sungai Yang Zi yang bermata air di wilayah Xi Chuan ), seringkali mengakibatkan banjir di wilayah Guan Kou ( dekat Cheng Du ). Sebagai gubernur yang peka akan penderitaan rakyat, Li Bing mengajak putranya Li Er Lang, meninjau daerah bencana dan memikirkan penanggulangannya.





  • secara umum Liu Ding Liu Jia alias Dewa Liu Ding Liu Jia, adalah kelompok 12 Jenderal Tao atau pelindung Imam Tao atau Spiritual Masters  yang  akan mengundang atau membangkitkan Energi saat melakukan Ritual Upacara tertentu.
Na Cha atau Lo Cia
Na Cha atau Lo Cia bermarga Lie yang lahir pada zaman Dinasti Shang pada tanggal 09 bulan yang ke 09 tahun 1766-1402 SM di kota Chen Tang koan. Jadi, setiap tanggal 09 bulan 09 tahun imlek
Ayah Na Cha bernama Lie Tjeng yang seorang panglima tinggi yang memimpin garisan kota Chen Tang Koan. Lie Tjeng memiliki 3 orang anak laki-laki. Yang pertama bernama Jin Zha, yang kedua bernama Mu zha dan yang terakhir yang ketiga adalah Na Zha/Na Cha.
 

Delapan Dewa ( Ba Xian 八仙 )

Legenda Delapan Dewa mungkin berawal pada Dinasti Tang, dan cerita itu bervariasi pada setiap dinasti. Para karakternya, menurut versi setelah Dinasti Ming, adalah Han Zhongli, Zhang Guolao, Han Xiangzi, Tie Guali, Cao Guojiu, Lu Dongbin, Lan Caihe, dan He Xianggu. Dengan memiliki penampilan dan kepribadian yang sangat berbeda, Delapan orang ini merupakan Dewa yang hebat dalam ajaran Tao, dan mereka sering berkumpul bersama.

Wei Tuo Pu Sa

Wei Tuo Po Sat/ Wei Tuo Pu sa

Wei Tuo adalah sosok pelindung dharma, penjaga biara/kuil serta pelindung kitab-kitab  dharma, kisah wei tuo banyak sekali tetapi yang paling sering kita dengar beliau adalah panglima perang dari jendra-jendral langit. wei tuo di kisahkan juga sebagai putra dari raja surgawi yang berbudi mulia sehingga diangkat oleh Budha Sakyamuni untuk menjaga Budha dharma. 



Kong Tek Cun Ong (Guan Ze Zun Wang)
廣澤尊王

Kong Tek Cun Ong atau Guan Ze Zun Wang lazim disebut juga Po An Cun Ong (Bao An Zun Wang) atau Kwee Sin Ong (Guo Sheng Wang), karena nama aslinya adalah Kwee Ang Hok (Guo Hong Fu). Sering disebut juga dengan Hong San Ko Tee. Terkenal sebagai dewa pelindung masyarakat Nan An dan kaum perantauan. Cerita :Ada dua versi cerita asal-muasal Kong Tek Cun Ong



Bao Sheng Da Di disebut juga Da Dao Gong [Ta Tao Kong]
 Bao Sheng Da Di disebut juga Da Dao Gong [Ta Tao Kong], Hua Qiao Gong [Hoa Kio Kong], atau Wu Zhen Ren [Go Cin Jin] yg berarti Dewa Wu.

Ada 2 pendapat yg sama-sama mempunyai dasar mengenai asal usul dr Bao Sheng Da Di.

Pendapat pertama mengatakan bahwa Wu Zhen Ren memiliki nama asli Ben [Pun].

Wu Ben adalah seorg yg dilahirkan di desa Bai Jiao (Karang Putih), kabupaten Tong-an, wilayah Quan Zhou [Coan Ciu], propinsi Fujian. Ia lahir pada pemerintahan Kaisar Tai Zong, thn Xing Guo ke-4, bln 3 tgl.15 Imlek pd masa Dinasti Song.

  
巧聖先師
 Lu Ban Gong [Law Pan Kong], yang kadang dikenal sebagai Qiao Sheng Xian Shi  巧聖先 (Guru Besar Pertukangan), hidup pada masa Musim Semi dan Musim Gugur di negara Lu.
 Lu Ban Gong  adalah seorang tukang yang mahir. Kemampuan banyak digunakan untuk membangun tempat-tempat yang mengagumkan. Meskipun begitu, Lu Ban Gong  bukanlah orang kaya, dia hidup di rumah yang sangat sederhana.




Han Tan Kong ( Zhao Gong Ming)


Han Tan Kong ( Zhao Gong Ming) adalah dewa yang sangat banyak umat nya karena dikenal sebagai dewa rejeki, dan masuk dalam dewa-dewi Cai Shen,
 Riwayat Zhao Gong Ming  (Tio Kong Beng-Hokkian) yang diambil dari novel Feng Shen. Dalam novel itu diceritakan antara lain sebagai berikut :

Kaisar Zhou-Wang (Tiu Ong-Hokkian) dari Kerajaan Shang memerintahkan Jenderalnya yang kenamaan Wen Zhong (Bun Tiong-Hokkian) untuk menyerbu Xi-Chi, basis pasukan Wen Wang (Bun Ong-Hokkian). Untuk mencapai maksudnya itu

 
Wen Chang Di Jun 文昌帝君(Bun Jiang Te Kun – Hokkian)
Wen Chang Di Jun 文昌帝君(Bun Jiang Te Kun – Hokkian) adalah salah satu dari kelompok Bintang Utara. Keenam bintang lainnya yaitu Shang-jiang,Ci-jiang, Gui-xiang, Shi-sheng, Si-ming dan Si-lu adalah dewa-dewa yang mempunyai tugas mengatur kepangkatan baik sipil maupun militer, jasa maupun pendidikan. Jabatan mereka di istana langit adalah Menteri Urasan Administrasi. Di kelenteng pemujaan untuk Kong Zi 孔子 (Konfusious), biasanya ditambah altar untuk pemujaan terhadap Wen Chang Di Jun 文昌帝君 ini, sebab Wen Chang dianggap sebagai pelindung kaum intelek  



SIAPAKAH CHAO KUNG ATAU DEWA DAPUR ITU ?
Sumpai saat ini masih menjadi perdebatan para ahli sejarah Dewa-Dewa, namun ada sebuah buku yang terbit dari Dinasty Tang berjudul "’BUNGA RAMPAI DARI YOUYANG ” yang memastikan Chao‘Kung berasal dari Marga Chang (THlO) dan versi inilah yang dipercaya kebenarannya dan populer sejak jaman dulu kala

  


Kwan Im Po sat / (Guan Yin Pu Sa)

Koan Im Po Sat atau Guan Yin Pu Sa, sering disebut juga dengan Koan Si Im Po Sat atau Guan Shi Yin Pu Sa, yang sesungguhnya merupakan terjemahan secara harafiah dari bahasa Sansekerta : Avalokitesvara Bodhisatva, yang memiliki arti :


PU XIAN PU SA
SAMANTA BHADRA BODHISATVA
 (PHO HIAN PHO SAT).
Pu Xian (Po Hian - Hokkian) atau Fu Gen (Bahasa Jepang) dalam bahasa Sanskerta adalah Samatabhrada Bodnisattva yang berarti "kebajikan yang universal". Bodhisattva ini merupakan perwujudan dari cinta, aktivitas yang suci , kebajikan, ketekunan dan kesabaran.
Di dalam kasanah kedewaan Tionghoa Pu Xian ditampilkan dalam Tiga Serangkai bersama   


  • Bun Cu Pho Sat – Manjusri Bodhisattva ( Wen Shu Pu Sa)___ 
    Bun Cu Pho Sat – Manjusri Bodhisattva ( Wen Shu Pu Sa )
    Agama Buddha menganggap bahwa sumber dari semua penderitaan dalam kehidupan manusia adalah 無明 Kesesatan (Tidak bisa sepenuhnya melihat kebenaran sejati dari suatu masalah / benda). Untuk mengatasi kesesatan ini, harus mengandalkan kearifan / kebijaksanaan.
    文殊菩薩Wen Shu Pu Sa {Hok Kian = Bun Cu Pho Sat} adalah perwujudan dari kebijaksanaan. Oleh sebab itu, walaupun
     


 Chen Fu Zhen Ren
Kisah mengenai Chen Fu Zhen Ren di daerah Bali dan Jawa Timur mempunyai beberapa versi, yang karena tidak ada catatan -catatan yang pasti sehingga sulit untuk diuji kebenarannya,walaupun demikian kami yakin keberadaan beliau memang pernah ada. Hal ini kami simpulkan dari adanya beberapa kelenteng tempat pemujaan beliau yang dibangun di beberapa daerah di Bali dan di Jawa Timur yang tahun pembangunannya hanya beda beberapa tahun saja antara yang satu dengan yang lain.



Jiu Tian Xuan Nu

Penulisan lain: Ciu Thian Sian Nie




Seperti yang sudah umat TAO ketahui, Jiu Tian Xuan Nu merupakan salah satu Dewi purba. Jiu Tian Xuan Nu adalah Dewi yang sering membantu pahlawan-pahlawan.



Konon, cerita pada jaman raja satria Huang Ti yang pernah mengajarkan rakyat menanam palawija.


 

Chai Shen Ye ( dewa-dewa rejeki )


Chai Shen Ye adalah perwujudan dari dewa-dewa rejeki (dewa harta) ada yang dari kalangan sipil adapula yang dari kalangan militer, bahkan ada yang dari kalangan budhis, dewa-dewa ini sangat banyak sering kali para umat salah mengartikan Chai Shen, sosok rupang Chai Shen memang di buat sedemikian rupa tetapi itu hanya sebagai perwujudan,




 Ji Gong ( Chi Kung)

Ji Gong (Chi Kung) dilahirkan dengan nama Li Xiuyuan yang merupakan anak dari Li Maochun. Li Maochun adalah seorang penasehat militer yang sangat dermawan. 

Hanya saja sejak menikah sampai mencapai usia setengah baya, Li Maochun belum dikaruniai seorang anak. Hal itu membuat para kenalan Li Maochun meragukan kebaikan hatinya. Istri dari Li Maochun adalah seorang yang baik hati dan taat dengan ajaran agama, menyarankan agar Li Maochun untuk menikah lagi. Tapi Li Maochun menolaknya karena merasa istrinya masih muda  

Cheng Huang Ye


Dari Wikipedia bahasa Indonesia

Cheng Huang Ye (Hanzi: 城隍爺; hanyu pinyin: Chénghuáng; Hokkien: Seng Ong Ya) atau Cheng Huang Lao Ye (Hokkien: Seng Ong Lo Ya) adalah Dewa Pelindung Kota dalam agama Taoisme dan Khonghucu. Beliau dipercaya sebagai pejabat pengadilan di akhirat (alam baka) yang bisa mengisi kelemahan pengadilan di dunia. Demikianlah Cheng Huang Ye sangat dihormati di kalangan rakyat jelata.
 
DEWA MATAHARI dan DEWI REMBULAN
(RISHEN dan YUESHEN)
Dewa Matahari dan Dewi Rembulan
Rishen (dewa matahari) secara umum disebut Taiyanggong atau Paduka Surya, dan Yueshen (dewi rembulan) atau Taiyin Niangniang atau ibunda Candra.
Pemujaan terhadap bulan dan matahari sudah ada sejak zaman purba dan bukan hanya monopoli bangsa Tionghoa saja Dalam pandangan orang kuno, di dalam matahari ada seekor ayam jantan atau burung,


Lei Gong ( dewa Petir )


Lei Gong ( dewa Petir )
jendral langit deng hua ( ) adalah Salah satu dari beberapa jendral Guntur yang penting di Departemen divisi guntur langit ( ).

dan Dalam beberapa konteks lain, dia juga dikenal sebagai Deng cheng ( ), Deng Zhong (邓忠) atau Deng Bian ( ).




Pu Hua Tian Zun ( Lei Zu-datuk geledek)
 
Dalam mitos kelahiran Huang Di atau XuanYuan 黄帝/ 轩辕 , sering dikatakan bahwa Huang Di berasal dari intisari petir atau bisa dikatakan kelahiran Huang Di karena ibunya melihat petir melintasi barisan 7 bintang dan saat itulah ibunya hamil. Kitab2 Taoisme menuliskan bahwa Lei Zu menguasai 5 petir (Tianlei , Di Lei , ShuiLei, Shen Lei , She Lei 天雷 地雷 水雷 神雷社 雷) dan disebut bapak dari semua mahluk , guru dari segala mahluk yang mengajarkan manusia untuk hidup menjadi lebih baik. 

DEWA PERJODOHAN.
( YUE XIA LAO REN月下老人 , YIN YAN LAO REN 姻緣老人 )

Yue Xia Lao Ren 月下老人 disebut Yue Leo Gong 月老公 (Gwat Loo Kong -Hokkian) yang berarti "orang tua dari bulan". Tugas dewa ini adalah mengurus segala sesuatu yang berkenaan dengan perjodohan. Kelenteng pemujaan Yue Lao Gong yang paling terkenal di Taiwan adalah di Guan Yin Ding. Kabarnya, pria dan wanita yang berpacaran sering bersembahyang di altamya. Kalau asap hio yang di tancapkan di situ bersatu






Taiyi Zhenren / Taiyi Jiuku Tianzun  (Dewa penolong orang sengsara)

Taiyi Zhenren / Taiyi Jiuku Tianzun (Cina: 太乙真人; pinyin: Tàiyǐ Zhenren) adalah tokoh terkenal dalam cerita rakyat Cina. Taiyi berarti" kesatuan primordial yin dan yang "dan Zhenren (harfiah:" orang yang benar ") adalah istilah Taois untuk" Orang yang sempurna ".  





Di kalangan rakyat Jiang Taigong 姜 太 公 merupakan salah satu dewata pujaan yang sangat populer,  kelenteng taigongmiao atau wuchenwangmioa terdapat dimana-mana.
beliau adalah salah satu dewata pelindung dari malapetaka, dan banyak sekali makna dari hidupnya yang diambil sebagai pedoman hidup umatnya.
di indonesia  Jiang Taigong 姜 太 公 jarang dipuja sebagai pujaan utama, tetapi rupang atau patung2, dan lukisan beliau senantiasa banyak di buat didalam kelenteng, yaitu sebagai sosok orang tua yang sedang memancing ikan mas, hal ini berdasarkan dari legenda  Jiang Taigong 姜 太 公 yang pernah memancing selama 3 hari 3 malam tidak dapat 1 ekor pun ikan.

 
 Si Twa Thien Ong – Empat Raja Langit
四大天王 Si Da Tian Wang {Hok Kian = Si Twa Thien Ong} adalah Empat Raja Langit, yang terdiri dari :
    Nan Fang Zeng Chang Tian Wang 南方增長天王
    Xi Fang Guang Mu Tian Wang 西方廣目天王
    Bei Fang Duo Wen Tian Wang 北方多聞天王
    Dong Fang Che Guo Tian Wang 東方持國天王




Tian Shang Sheng Mu


Tian Shang Sheng Mu [Thian Sang Sen Mu / Thian Siang Sing Bo] dikenal dengan sebutan Ma Zu [Mak Co] atau Tian Hou. Tian Shang Sheng Mu adalah seorang wanita yang pernah hidup di daerah Fujian, tepatnya di Pulau Mei Zhou [Meizhou] dekat Pu Tian. Nama aslinya Lin Mo Niang [Lim Bik Nio]. Ayahnya Lin Yuan pernah menduduki jabatan sebagai pengurus di Propinsi Fujian.




Legenda dewa-dewi purba (pencipta alam, manusia, hewan, dan peralatan)

 

Ada  dewa-dewi purba yang diyakini sebagai leluhur dari bangsa han, dimana leluhur bangsa Tionghoa meyakini mereka lah yang pertama kali menciptakan pengetahuan untuk bercocok tanam (bertani), berburu, dan juga menangkap ikan, diyakini 



Bao Zheng (Hanzi: 包拯) (999-1062) adalah seorang hakim dan negarawan terkenal pada zaman Dinasti Song Utara. Karena kejujurannya dia mendapat julukan Bao Qingtian (包青天) yang berarti Bao si langit biru, sebuah nama pujian bagi pejabat bersih. Musuh-musuhnya menjulukinya Bao Heizi (包黑子) yang artinya si hitam Bao karena warna kulitnya yang gelap. Nama kehormatannya adalah Xiren (希仁).



Zhang Gong Fa Zhu Gong Sheng Jun
Zhang Gong Fa Zhu Gong Sheng Jun lahir pada 23 bulan 7 lunar kalender pada tahun 1139M,bernama Zhang Ci Guan ()alias Zi Guan (子), alias Zhang Sha ()di desa Yong Tai (永泰)Fujian,ayahnya bernama Zhang De








清水祖師 Qing Shui Zu Shi {Hok Kian = Ching Cui Co Su}disebut juga sebagai 烏面祖師Wu Mian Zhu Shi (Dewa yang berwajah hitam). Di kalangan rakyat Taiwan, penduduk di propinsi Hok Kian, RRC, & orang-orang Hok Kian di manca negara beliau sering dihormati sebagai 祖師公 Zu Shi Gong {Co Su Kong}. Sebutan lain untuk beliau adalah : 清水巗祖師 Qing Shui Yan Zu Shi (Dewa dari cadas air jernih), 昭應祖師 Zhao Ying Zu Shi (Guru Besar Zhao Ying), dan 落鼻祖師 Luo Bi Zu Shi (Dewa yang hidungnya terlepas).    






Wang Ye disebut juga Dai Tian Xun Shou yang berarti mewakili langit dalam mengadakan perondaan. Mereka merupakan sebutan sekelompok malaikat yang melindungi rakyat dari wabah penyakit. Mereka menurut kepercayaan terdiri dari 360 orang.
Namanya tidak jelas hanya disebut menurut nama keluarganya saja, yang sering terlihat hanyalah lima Wang Ye yang bemama keluarga Li, Chi, Wu, Zhu dan Fan.


Dewi laut  SUIE WEI SHEN NIANG 水尾圣娘

Ratusan tahun yang lalu dikisahkan legenda yang terjadi di pulau Hai Nan kabupaten Wen Chang, didesa Thung Chiau.
ada seorang nelayan miskin tinggal disana, kerjaannya setiap hari menjaring ikan di laut, dari hasil menangkap ikan tersebut sebagaian di jual sebagaian dimakan bersama 


 

YA TI KONG (dewata pelindung laut)

SERATUS DELAPAN PAHLAWAN SUCI (108) atau biasa di sebut YA TI KONG, pemujaan terhadap YA TI KONG biasa kita temui didalam kelenteng-kelenteng yang dekat dengan laut, atau pun banyak umatnya yang bekerja sebagai nelayan atau dibidang pelayaran. Shen Siang / rupang YA TI KONG biasanya ditampilkan hanya 1 saja. seorang pelajar, bermuka merah. kelenteng yang memuja YA TI KONG biasanya juga memuja dewi SHUI WEI SHENG NIANG

  • 60 Tai Sui [六十 太歲 星君] DEWATA PENGUASA WAKTU TAHUN

    60 Tai sui [六十 星君]
    Tai Sui () adalah bintang tepat di seberang dari Jupiter Mereka mempengaruhi zodiak Cina serta Cina Metaphyics.
    Dalam zodiak Cina, ini 60 pengawal surga, membantu Kaisar Langit dalam mengambil alih kesejahteraan dari kejadian di Dunia. Masing-masing membutuhkan waktu berubah dan bertanggung jawab untuk satu tahun. Karena sebagian besar dari mereka memiliki latar belakang militer, mereka biasanya dikenal sebagai Jenderal Militer

     

     

  •  
    (Mi Le Fo) 
    Kata Bi Lek Hud atau Mi Le Fo berasal dari bahasa Sansekerta : Buddha Maitreya, yang artinya ‘Buddha yang memiliki Cinta Kasih Luhur’.
    Sesungguhnya kedudukan Maitreya sekarang ini masih termasuk dalam tingkatan Bodhisatva, sehingga disebut juga Bi Lek Po Sat/ Mi Le Pu    


  •  Akasagarbha Bodhisattva ( 虚空藏菩)_________________
     


    Banyak orang sering mendengar maupun membaca nama Bodhisattva Akasagarbha, namun riwayat Bodhisattva ini sendiri, tidak banyak diketahui umat. Beliau ini adalah salah satu dari delapan Maha Bodhisattva (Ashtamahabodhisattva) yang terdiri dari Avalokitesvara, Manjushri, Samantabhadra, Maitreya, Ksitigarbha, Akasagarbha, Mahasthamaprapta (Vajrapani) dan Sarvanivarana-viskambhin.
     

  • (Dashizhi 大勢至)


    Nama, “Bodhisattva Mahasthamaprapta” adalah perkataan Bahasa Sansekerta. Terdapat beberapa versi terjemahannya yang berbeda-beda. Menurut Kitab Suci Agama Buddha yang dinamai “Sutra mengenai Hal-hal yang harus dituruti. Agar dapat dicapai kehidupan yang lamanya tidak dapat diukur”. Cahaya Kebijaksanaan beliau itu mendominasi secara universal



  • Kai Tai Sheng Wang yang berarti "Raja Suci Pembuka Taiwan" adalah sebutan kehormatan untuk seorang pahlawan dan patriot besar pada jaman akhir Dinasti Ming, Zheng Cheng Gong (The Sing Kong - Hokkian).
    Secara umum penduduk setempat menyebutnya sebagai San Lao Ye atau Kai Shan Wang yang berarti Raja Pembuka Gunung. Zheng Cheng Gong disebut juga sebagai Guo Xing Ye (Kok Seng Ya - Hokkian) yang berartiTuan yang mempunyai nama keluarga hadiah kaisar.


  •  
    DEWATA PELINDUNG WANITA DAN ANAK-ANAK
    Orang tionghoa sangat mementingkan kelanjutan keturunan, dimana anak sebagai lambang rejeki, kemakmuran dan kebahagian. sehingga banyak sekali pemujaan kepada dewata yang biasanya di jabat oleh dewi / niang niang, untuk melindungi wanita dan bayi, sejak menikah senantiasa sembahyang kepada dewata untuk segera dapat diberi momongan. berikut beberapa dewata pelindung wanita dan anak-anak. 


    Zhang Xian Da Di (張 仙 大帝) Dewata Pelindung Bayi dan Anak______

     
    Zhang Xian ( ) alias Zhang Xian Da Di ( 大帝) adalah Dewa yang ditunjuk dan dihormati sebagai Pelindung /Melindungi Bayi dan Memberi Berkah untuk bayi yang belum lahir. Biasa disandingkan dengan 4 dewata lainnya yang juga dihormati sebagai pelindung  berkah keselamatan untuk anak,



  • DEWA DEWI PELINDUNG ANAK - ANAK
    Sering disebut Qi Niang Ma.
    Hari lahirnya tanggal 7 bulan 7 Imlek.

    Niang Ma dianggap sebagai dewa pelindung anak - anak. Konon ia adalah utusan dari Zhi Nu Xing ( Binatang Gadis Penenun ).

    Ada juga yang mengatakan ia berasal dari salah satu dari Tujuh Bintang Macan Putih .
     
 

         (Kuí Dǒu Xīng Jūn, Fú Yòu Dìjūn, Zǐtóng Dìjūn, Guān Shèng Di jūn, Zhū Yī Xīng Jūn)


Biasa disebut wu wenchang, mereka bertugas untuk mendampingi para pelajar hingga selesai menjadi pejabat sipil maupun militer. Wu wenchang berjumlah 5 (lima) yaitu Wen Chang Di Jun menduduki urutan pertama, Wen Heng Sheng Di (salah satu gelar kedewaan Guan Gong) menduduki urutan kedua, Fuyou Di Jun (gelar kedewaan untuk Lu Dong Bin, salah satu dari Ba Xian atau delapan dewa) menduduki urutan ketiga, Kui Dou Xing Jun (Kui To Sing Kun - Hokkian) menduduki urutan keempat, sedangkan Zhu Yi Fu Zi menduduki urutan kelima.
Cang jie 仓颉 (dewata purba pencipta huruf)

Cang jie disebut juga Zuozi Xianshi atau guru besar pencipta huruf, menurut legenda beliau adalah pencipta huruf tionghoa, konon beliau adalah menteri kaisar purba FU Xi nama aslinya Hou Gangjie, karena berasal dari chencang orang kemudian menyebutnya chang jie.
Sejak kecil beliau sangat gemar melukis, ia memiliki seekor kura-kura, ia sangat suka meneliti segala macam hal, saat menengadah ia suka mengamati bintang-bintang dan benda-benda angkasa, saat menunduk dia mengamati guratan-guratan di pungung kura-kuranya. ia juga mengapati gerakan-gerakan alam dan binatang disekitarnya.


  • Masyarakat tionghoa kuno umumnya mengenal long karena berkaitan erat dengan kehidupan mereka yang umumnya adalah petani, sebab itu mereka sangat menaruh hormat dan punya perasaan khusus terhadap mitologi ini, long adalah lambang kebaikan, kebahagiaan, kebijaksanaan, kejayaan, sehingga para keturunan tionghoa menyebut dirinya long de chuan ren (keturunan naga).
     

  •  Hou Ji   ______________________________________________


    Manusia sejak lahir mengandalkan hidup dengan berburu, menangkap ikan dan mencari buah-buahan liar, membanting tulang sepanjang hari, namun tak jarang harus menahan lapar. pada saat itu sistem pertanian belum ada, semakin lama semakin susah orang untuk hidup.

Fu Lu Shou
Fu Lu Shou (Hanzi tradisional: 福祿壽; Hanzi sederhana: 福禄寿; pinyin: Fú Lù Shòu), atau Cai Zi Shou (財子壽), adalah tiga dewa yang juga disebut Fu Lu Shou Sanxing (Hanzi=福祿壽三星; lit. Tiga Bintang Fu Lu Shou). Secara terpisah, mereka adalah Fu Xing, Lu Xing, dan Shou Xing ("Xing" 星 memiliki arti "bintang"). Ketiga dewa ini telah menjadi populer selama berabad-abad dalam kultur tradisional China yang sangat menganggap penting kebahagiaan, kemakmuran, dan umur panjang.


  • Tian Du Yuan Shuai 田都元帥 Dewata Pelindung Kesenian



    Tian Du Yuan Shuai  田都元帥
     
    Tian Du Yuan Shuai  田都元帥 atau Marsekal Tian Du, dalam bahasa Cina dikenal sebagai 元帥 atau 元帥.

    Sebuah karakter sejarah nyata yang lahir di Dinasti Tang. Selama Era itu, dia salah satu Musisi terkenal Tradisional Min Nan (Hokkien) dari Kaisar Tang Ming Huang. Nama sebenarnya dikenal sebagai Lei Hai Qing (雷海青).

Dīpaṃkara Dipankara dalam bahasa sansekerta mempunyai makna "Burning Lamp" / "Lamp Bearer" yang mempunyai arti "Pelita Yang Menyala" / "Pembawa Pelita" Oleh karena itu Buddha Dipankara mempunyai makna "Buddha Pembawa Pelita" / "Buddha Pelita Yang Menyala".

 
500 arahat adalah murid pertama dari pengikut Buddha Sakyamuni, banyak sejarah mencatatkan mereka adalah orang-orang bijak yang telah mencapai kesempurnaan, mereka tetap mengikuti Buddha Sakyamuni sampai sang Budha Parinibana,

Berikut adalah cerita Mad Monk Fengbo yang sering berpasangan dengan Bhiksu Ji Gong.
Menurut sejarah, Benedict Arnold dari menteri  kanselir Cina menikah dengan iblis setan berlidah tajam. Mereka adalah Tuan dan Nyonya Qin Hui




Apabila ada yang mau memberikan referensi dewata didalam kelenteng yang belum ada, atau ada versi lainnya silahkan hub/email edigenteng@gmail.com ,penulis sangat terbuka dalam hal ini, terima kasih

111 comments:

  1. Mohon info, 5 jendral oerang : ada na cha, er lang, 3 lg sapa y?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kurang paham saya maksudnya 5 jendral perang, waktu hidup atau gmn cerita hikayatnya? yang pasti kwan kong jendral selama hidupnya, xuan tian shang ti, han tan kong juga kadang berpakaian jendral perang.

      Delete
    2. Lima dewa perang :

      Zhao Yuan Shuai..Er Lang Shen..Zhong Tan Yuan Shuai..Guan Di Gong..Lei Gong

      Delete
    3. Mohon tany dewa Gang wang say ap@ yah?

      Delete


    4. Ibu fatmati jayanti dan Bpk.Indra Nasution yg terhormat : Bpk.Ky.Fatolloh Harun saya hubungi hpnya nggak aktif lagi karena saya diminta biaya ritual sebesar 500 ribu untuk 7x.dan untuk nomor 2d,saya 2x dikasih no.2d rabu dan kamis ( 17/18Juni 2020 nomor yg dikasihnya 2x lepas semua,terus dia memblokir nomorku....kayaknya bpk Ky.fatolloh Harun kurang gentle dan nggak sesuai dengan komitmennya....apa pantas saya diberlakukan gitu...mohon penjelesan kalian ya🙏🙏🙏

      Delete
    5. Halo semua,
      Nama saya Tn, Rugare Sim. Saya tinggal di Belanda dan saya orang yang bahagia hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya sendiri bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan saya dan keluarga saya dari situasi kita yang buruk, saya akan merujuk siapa saja yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberikan kebahagiaan kepada saya dan keluarga saya, saya membutuhkan pinjaman € 300.000,00 untuk memulai hidup saya di mana-mana karena saya seorang ayah tunggal dengan 2 anak. Saya bertemu dengan pemberi pinjaman pinjaman yang jujur ​​dan takut kepada Allah yang membantu saya dengan pinjaman € 300.000,00, dia adalah orang yang takut kepada Allah, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman, silakan hubungi dia dan beri tahu dia bahwa (Tn. Rugare Sim) merujuk Anda kepadanya. Hubungi Mr, Mohamed Careen melalui email: (arabloanfirmserves@gmail.com)


      FORMULIR INFORMASI APLIKASI PINJAMAN
      Nama depan......
      Nama tengah.....
      2) Jenis Kelamin: .........
      3) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: .........
      4) Durasi Pinjaman: .........
      5) Negara: .........
      6) Alamat Rumah: .........
      7) Nomor Ponsel: .........
      8) Alamat email ..........
      9) Penghasilan Bulanan: .....................
      10) Pekerjaan: ...........................
      11) Situs mana yang kamu tentang tentang kami .....................
      Terima kasih dan Salam.
      Email arabloanfirmserves@gmail.com

      Delete
  2. mohon juga info tentang 3 dewi serangkai atau biasa disebut dewi sam ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya belum menemukan info tentang 3 dewi serangkai

      Delete
  3. Mohon bantuannya, saya biasa beribadah di vihara Tri Dharma, disitu ada 5 rupang dewa dgn nama : Shie Cie Ya, Lui Ciang Kun, Sang Tong Shia Wang, Nam Ciang Kun, dan Kim Khuang Thong Ce. Dewa2 apakan mereka itu? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari tulisannya saya takut salah nanti jelaskan, kalo ada fotonya bisa di share atau kirim email ke edigenteng@gmail.com, tks

      Delete
  4. boleh tanya sesuatu ?? kira" apa sih dampaknya sembayang ato memuja dewa-dewi dan dampak nya ketika tidak sembayang ato memuja dewa dewi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sembahyang adalah sebuah bentuk ketulusan hati kita, ada beberapa hal biasanya yang disampaikan dalam kita sembahyang atau berdoa, contohnya adalah ucapan syukur karena sesuatu hal (biasanya pai kamsia mungkin usaha lancar, hasil panen melimpah, anak lulus ujian, anak baru lahir sehat dll), sembahyang/doa permohonan karena sesuatu hal (sangat beragam contohnya kita menghadapi situasi darurat misal bencana alam dsb, rejeki susah dikarenakan berbagai hal, dll). sembahyang/doa sebagai pujian/memuja (biasa dengan melafalkan mantra2, keng, parita, lagu dsb), setelah kita mengetahui apa saja yg biasa dilakukan ketika sembahyang tentu tujuannya sudah jelas, apakah ucapan syukur kita dapat diterima oleh para dewa-dewi? apakah permohonan kita di kabulkan, apakah puja puji kita didengarkan oleh Mereka, itu semua kembali kedalam keyakinan kita masing-masing, setiap orang berbeda-beda, ketika kita tidak sembahyang ato memuja dewa-dewi apa dampaknya bagi dewa-dewi tidak ada dampak apapun karena mereka sebenernya tidak membutuhkan itu, karena ada jodoh maka mereka pasti menolong umatnya, bagaimana kita menanam jodoh dengan dewa-dewi? ya inilah sembahyang/berdoa salah satu jalannya, diantara 1000 jalan yang ada, semoga jawaban saya dapat berkenan dihati penannya. xiexie

      Delete
    2. Trimakasih atas responnya saudara,, saya setuju berdoa merupakan bentuk ketulusan hati ,ucapan syukur & trimakasih,permohonan,dll..
      sejenak saya berpikir, di artikel ini dituliskan bahwa tien " tuhan yang maha kuasa" berarti yang maha segalanya (pelindung, pemberi,pencipta, maha adil, dan sebagainya) disini saya tidak hendak menanyakan mengapa ada banyak dewa dewi, tetapi sekilas pertanyaan yang keluar dari benak saya adalah,, mengapa jika sudah tahu bahwa tien maha kuasa ,yang berarti kita bisa,mengucap syukur, memohon apapun dalam artian berdoa/sembayang secara langsung padanya , masih harus berdoa/ sembayang memohon meminta perlindungan pada dewa dewi??

      Delete
    3. pertanyaan yang bagus, sdr/sdri, seperti yang pernah saya jelaskan ditulisan diatas pengertian Tian memang agak kabur, dikarenakan keterbatasan kata-kata dan penyamaan persepsi agama monoteisme dengan agama dalam kelenteng khususnya di negara kita, setiap agama diwajibkan memiliki setu sosok yang maha agung, maha kuasa, maha esa. dan hanya satu dikarenakan kata maha tadi. maka didalam kelenteng dibuatlah sebuah persamaan Tuhan Yang Maha Kuasa adalah Tian (mewakili seluruh dewa-dewi yang ada) maka sering kita liat apabila umat tidak memiliki altar sembahyang dirumah cukup sembahyang taruh hio di depan rumah yang mewakili Tian, Tian sendiri sebenarnya adalah sebuah kata tempat seperti yang saya kutip tulisan Tian (langit) diatas. selanjutnya kalo sudah ada Tian kenapa kita masih sembahyang kepada yang lain? boleh kita berasumsi ada sebuah hierarki susunan dalam dunia ini, seorang penguasa negara mungkin adalah presiden jaman dahulu seorang raja. ada petugas2 pembantu presiden mentri-mentri dll, sampai tingkat bawah yaitu pak rt, lurah, camat dll, nah saya bertanya apabila anda butuh bantuan mau bikin ktp kita bisa minta bantuan siapa? tentu seorang presiden bisa membantu kita, tapi lebih cepat dan tepat kita meminta bantuan ke pak rt, karena selain selalu dekat dengan tempat tinggal kita toh juga yang paling sering kita ketemu, hal ini berlaku kepada hierarki dewa-dewi, ada yang di sebut Yu Huang Da Di, dll sampai Tu Di Gong. nah mungkin ini yang bisa saya share maaf kalo ada yang salah dari penjelasan saya karena keterbatasan tulisan tentu lebih enak kalo ngobrol langsung, harap maklum...

      Delete
    4. Trimakasih saudara atas respon dan pengertiannya. iya , saya setuju , memang enak ngobrol langsung.
      kok saya tidak setuju ya kalau sosok yang Maha segalanya itu ada gara2 diwajibkan oleh negara,,tpi saya setuju klo pada dasarnya keadaan kita di dunia ini pasti ada yang memulai dan menciptakan.
      Kalau saya melihat dari ilustrasi yang anda berikan tentang pembuatan KTP,, memang seorang presiden itu butuh dan bahkan perlu ada yang membantu tugas2nya mentri2,lurah camat, RW,RT, karena presiden hanya manusia biasa seperti kita yang penuh dengan keterbatasan dan kelemahan, juga tidak mungkin bukan kalau dia menghandle negara sendiri dengan tangannya.Nah kan disini yang dibicarakan konteksnya tentang "Tuhan" .
      Apakah Tuhan yang menciptakan segalanya dengan kehendakNya , yang maha baik, "maha kuasa", maha kasih, maha Esa, maha penuh misteri, maha hadir, maha dekat dengan manusia dan sebagainya , masih butuh pembantu2 (dewa-dewi) yang digambarkan seperti presiden(manusia)?? bukannya kalau dia butuh ,itu berarti menyatakan bahwa dirinya sendiri tidak maha kuasa (karena perlu ada yang membantu pekerjaan tanganNya)? Kalau pun kita meminta sesuatu , memohon sesuatu,berharap ,ber terimakasih cukup langsung berkomunikasi ke tien ( Tuhan yang maha ESA) yang tidak bergambar, kabur, penuh misteri yang agung ,Dia pun toh juga maha mendengar bukan?
      itu sih pendapat saya,, sedikit sharing, saya pernah berdiskusi dengan seorang teman kong hu cu murni ( konfucian) kuliah saya saat saya semester 2 (sekarang saya semester 3) , buat dia dalam ajarannya sendiri hanya diajarkan 1 sosok yang maha Kuasa ,Esa, tidak kelihatan ,dan sebagainya , kata teman saya itu ,dia pernah sembayang ke dewa-dewi tapi itupun hanya sebatas menghormati, tapi pertanyaan saya buat dia dulu ,"untuk apa menghormati mereka yang tidak kamu kenal?" itu sih dulu.
      by the way, situs ini bagus sekali , saya suka hahahaa

      Delete
    5. nah ini dia karena pemahaman anda masih masuk kedalam 1 pikiran bahwasannya harus ada Tuhan, makanya di dalam kelenteng hal ini yang jadi masalah, karena Tuhan yang tunggal memang tidak ada didalam kelenteng tetapi apa yang dirasakan oleh umatnya adalah pertolongan dari dewa-dewi, mungkin ilustrasi saya kurang pas karena saya hanya ingin tau konsep anda sebenernya, nah yg perlu di ketahui boleh ga agama tidak ada Tuhannya di negara kita? tentu tidak boleh kan, tapi di negara lain sah2 aja, sampai ateis pun tidak jadi soal, untuk mengadopsi dan ikut dalam bagian dari keagamaan di negara ini maka umat ketika ditanya siapa sih Tuhan di dalam kelenteng ya Tian, karena sekali lagi keterbatasan kata-kata untuk menjabarkan Tian itu sesungguhnya di negara tercinta ini. boleh saya ambil salah satu ajaran di kelenteng yaitu budha, apakah Tuhan dari agama budha adalah sang Budha Gautama? bukan kan, tetapi karena desakan harus ada maka diciptakan sang hyang adibudaya, sebagai sosok Tuhan YME, sang budha sendiri jelas beliau adalah seorang manusia biasa yang telah mencapai pencerahan sempurna, dan telah menyebarkan ajaran yang mulia untuk umatnya supaya dapat mencapai ke budha an, beda konsep dengan agama lainnya yaitu tao, ataupun konghucu, mungkin kalo ceritakan ga habis2 hehehehe, tapi benar yang saudara katakan di konfucian pun tetap mengambil Tian sebagai Tuhan YME, untuk menghormati dewa-dewi itu kembali ke diri pribadi masing2 karena memang dari ajaran dasar kadang persepsi-persepsi susah untuk disamakan, kita mengenal beberapa alam, kita mengenal karma, tidak ada sosok yang dapat mengampuni perbuatan jelek/jahat manusia, melainkan karma akan ditangung sendiri2, mungkin masih banyak lagi yang lain yang sangat berbeda dengan konsep ketuhanan tunggal, nanti malah jadi debat kusir ^^, saya akhiri ya di sini. mungkin kalo ada yang masih menganjal dalam hati bisa by email aja ya. terima kasih.

      Delete
    6. hmm... iya iya ,saya paham. trimakasih atas respon nya... hahaha

      Delete
  5. SAlam buddhis
    NAMO BUDHAYA....
    Saya ingin menambah penetahuan tentang dewa dewi dalam tridharma. apakah anda mempunyai sebuah buku tentang itu. ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada buku baru dewa dewi klenteng, karangan kwa tong hay

      Delete
  6. Namo Buddhaya
    Saya mau bertanya,
    FaZhu Gong itu dewa apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa anda baca sedikit cerita diatas, beberapa orang pai beliau diangap sebagai dewata pelindung untuk hal hal negatif dari ganguan alam bawah

      Delete
  7. Halo saya mau tau info tentang zhang xian da di, please share thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://tradisitridharma.blogspot.co.id/2016/10/zhang-xian-da-di-dewata-pelindung-bayi.html

      Delete
  8. kok sun go kong dan guru nya gak masuk ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sun go kong adalah cerita fiksi/novel. Biksu tong adalah nyata, tetapi dia mengambil kitab sendiri tanpa ditemani murid yg bernama sun go kong dll.Mohon Maaf shi fu saya hanya share pengetahuan yg saya miliki, jika ada salah mohon maaf dan mohon di koreksi. Namo buddhaya... Wei de dong tian...

      Delete
  9. hallo saya dari singkawang. apakah anda bisa membantu untuk mencari tahu yang nama dewa nya " huang lao sien shi" gambar orang nya seperti thai sang lao jun memegang properti tokat kecil berujung bulu putih panjang.mohon bantuan nya terima kasih

    ReplyDelete
  10. Ada gambar ng hien fa kong thai ti gak....

    ReplyDelete
  11. Halo saya penasaran. Dulu waktu kecil saya sering di ajak sembayang di klenteng dan pai lao cou. Lao cou (sebutan di daerah saya) apakah ada nama lain. saya baca" gk ketemu.
    1 lagi saya baca komentar admin tentang buddha se jia mo ni fo.. sebelum jadi buddha gautama beliau sudah menjadi fo. Beliau reinkarnasi menjadi manusia mengajarkan kita bahwa manusia biasa juga bisa menjadi fo.. dan sudah di tunjukan cara" tsb di dalam ajaranya..
    Dan ada beda antara orang hanya sembahyang fo,phu sa ,dewa dewi. Dan belajar fo.. perumpamaannya kamu minta nilai bagus sama guru tapi pas ujian males belajar.. maaf kalau pendapat saya menyinggung.

    ReplyDelete
  12. Salam sejahtera...
    Mohon bantuan kawan", apakah ada yg punya gambar Ang Kun Lao Co dan dimana kelenteng saya bisa sembahyang Ang Kun Lao Co? apakah di belawan medan ada kelentengnya?
    Email saya hendratirtanadi@yahoo.com
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada,di cemara abadi,nama klenteng nya vihara hien huat tien

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. KompasQQ hadir dengan 7 Permainan menarik dan dapatkan bonusnya. Add PIN BBM 7BD4C69C

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. Namo Buddhaya..
    Saya mau bertanya dong suhu.
    Saat kita bermeditasi doa apa yg kita ucapkan dalam hati..?
    Trima kasih Namo buddhaya suhu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namo Buddhaya
      yang pertama saya bukan suhu hehehehe...
      saat meditasi bermacam-macam cara dapat kita lakukan, bahkan hanya diam pun ok juga, tapi kalo mau berucap doa juga tidak apa-apa, silahkan anda memilih mantra yang paling anda suka dan lakukan

      Delete
  22. Salam Buat Saudara Tua

    Mohon info tentang ajaran agama khonghuchu thd dunia pertanian, sebagai referensi saya dalam menulis artikel ttg agama dalam pertanian.
    terima kasih

    salam

    ReplyDelete
  23. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  24. Saya tergelitik untuk bertanya, pertanyaan yang mungkin sudah dijawab 2 tahun lalu, tidak dipungkiri agama tridharma masi ada dan hidup dalam keluarga besar saya, yang ingin saya tanyakan adalah siapakah yang dimaksud Tian itu ? apakah Dia adalah atasan dari seluruh dewata ? jika bukan, siapa diantara mereka yang paling tinggi ? siapa yang menciptakan mereka sebelum mereka diangkat menjadi dewata ? lalu pertanyaan yang selanjutnya siapa yang menjabat sebelumnya dalam jabatan dewa itu contoh(thian kong co) ? apakah terdapat kekosongan jabatan sebelum mereka di angkat menjadi dewata ? apakah mereka juga yang membuat bencana alam terjadi ?. terimakasih untuk artikel blognya sangat bagus, membuka wawasan saya, jika berkenan bisa menjawab beberapa atau semua pertanyaan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai deVD. sebisa mungkin saya jawab pertanyaan pertanyaan saudara. perkenalkan nama saya dolar. saya hanya manusia biasa yang masih perlu banyak belajar dengan segala kekurangan saya. Terkait dengan pertanyaan saudara, siapakah yang dimaksud dengan tian itu ? sepengetahuan saya tian itu adalah alam. alam semesta yang peruntuannya itu dimaha agungkan. tian itu bukanlah individu, melainkan sebuah keutuhan dan keseluruhan. apakah dia atasan dari dewata ? bukan, sama sekali bukan. akan tetapi orang tua memberikan contoh yang mudah dipahami oleh anak kecil, ya itu berupa individu penguasa. jadi secara tidak langsung kita dari kecil percaya kalau thian itu adalah individu, akan tetapi menurut saya tidak. siapakah yang paling tinggi ? tidak ada yang paling tinggi ataupun paling rendah. semua dewa dewi itu sama jabatannya, hanya saja kita sebagai manusia terkadang selalu membanding bandingkan sesuatu, sehingga kita sering secara tidak sadar membandingkan dewa dewi. siapa yang menciptakan mereka ? untuk hal seperti ini sulit untuk saya jawab, bukannya tidak mau jawab, hanya saja ini nantinya tidak akan ada habisnya, secara garis besar untuk pengangkatan dewa dewi itu berdasarkan kepercayaan leluhur yang memberikan pengertian kepada kita seperti orang tua yang mengajarkan kepada seorang anak kecil. hal ini sama seperti apabila kita membicarakan logikan dan kepercayaannya pasti tidak akan ada titik temu. siapa yang menjabat sebelum dewa itu ? tidak ada. sama seperti alam kita berevolusi dan selalu mengisi kekosongan. terjadi perubahan perubahan dalam hidup yang harus kita perbaiki dan mengisi setiap kekosongan dan terus belajar. apakah mereka yang membuat bencana alam ? sama sekali tidak. semua ini terjadi karena faktor alam dan faktor manusia. kembali lagi ke hukum karma. kita sebagai manusia terkadang lupa, dewa dewi thian itu adalah tempat untuk mengucapkan puji syukur, bukanlah tempat untuk meminta diberikan rezeki, kesehatan, atau kekayaan. semua kembali lagi kepada diri kita dan hukum karma. saran saya, cobalah bro deVD pahami dulu apa itu TAO. TAO sulit untuk dipahami, dan diartikan dengan apapun. sama seperti kita manusia yang secara otomatis takut akan kegegelapan, padahal gelap juga tidak ada apa apa, hanya saja kita takut tanpa alasan yang jelas.

      apabila deVD atau pun yang lain kurang paham, boleh hubungi saya di obentang69@gmail.com
      dengan siap akan saya bantu dan kita saling belajar ya ^^

      Delete
  25. Salam sejahtera, saya ingin bertanya cerita perihal abang paling tua dari dewa nazha. Mohon petunjuknya sefu. Thank You

    ReplyDelete
  26. Mau tanya dewa pelindung buat orang yg ternak ayam .

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dewa pelindung hewan ternak itu biasanya dipercaya datuk kong atau dewa bumi juga bisa. hanya saja itu tata letak harus diperhatikan dan syarat syarat fengshui nya juga harus dilihat. ini sepengetahuan saya untuk masalah dewa pelingdung buat hewan ternak.

      kembali lagi ke si peternaknya juga, apakah sudah memiliki ilmu dasar dasar tentang ternak ayam ? apakah vitamin ayam, penyakit ayam dan ilmu pemasaran nya sudah cukup ?

      silahkan email ke obengtang69@gmail.com , mari kita berdiskusi dan sama sama belajar

      Delete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. Mohon tyk min dewa sat po sien itu dewa apa ya??
    Thankss...

    ReplyDelete
  41. Admin bagus sekali membuat blog seperti ini,aku cina agama buddha.Aku ingin tau tentang dewa akhirnya sudah dapat blog seperti ini,di rumah saya ada tempat sembanyang gitu la,Semoga ini bisa bermanfaat bagi semuanya min, untuk mempelajari.Salam dari saya LIE LIAN JIE

    ReplyDelete
  42. Admin bagus sekali membuat blog seperti ini,aku cina agama buddha.Aku ingin tau tentang dewa akhirnya sudah dapat blog seperti ini,di rumah saya ada tempat sembanyang gitu la,Semoga ini bisa bermanfaat bagi semuanya min, untuk mempelajari.Salam dari saya LIE LIAN JIE

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  49. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    ReplyDelete
  50. Namo Buddhaya,

    Mohon penjelasan tentang Sun Wu Kong atau yang juga dikenal sebagai Qi Tian Da Sheng.

    Saya pribadi sangat tertarik dengan topik tentang spiritual mengenai Dewa dan Dewi terutama dalam ajaran Buddha atau Kong Hu Cu. Jika ada suhu suhu yang berkenan untuk berbagi ilmu, mungkin kita bisa saling berbagi.

    Annumodana

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sekali penjelasan dan topik bagus untuk dibicarakan tentang sun wu kong. hanya saja ini arah topiknya mau kemana ? awal cerita dia menjadi dewa ? klenteng ? atau yang lain harus jelas ^^

      obengtang69@gmail.com boleh bro kita berdiskusi dan membicarakan hal spiritual, karena saya juga senang dan suka belajar.

      Delete
  51. Saya mahu nanya di Kelenteng dekat rumah sayaada nama dewanya jie ci siu kang sama sam tai kong saya mau nanya itu dewa apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk nama nama dewa dewi terkadang itu pengucapan dialect dari daerah tertentu, boleh emailkan fotonya di obengtang69@gmail.com

      sebisa mungkin akan saya bantu dan mari kita saling belajar

      Delete
  52. Amitofo..
    Saya mau minta tolong..
    Saya pernah dengar kalo dewa di alam kematian( Im Kan)itu ada banyak juga yah..boleh bagi infonya..dewa apa saja itu??
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 10 tingkatan neraka, ada juga itu tua li ya pek, dan masih banyak dewa dewa kematian yang lain. boleh email ke obengtang69@gmail.com sebisa mungkin saya bantu dan mari kita belajar bersama ^^

      Delete
  53. Amitofo..
    Saya mau minta tolong..
    Saya pernah dengar kalo dewa di alam kematian( Im Kan)itu ada banyak juga yah..boleh bagi infonya..dewa apa saja itu??
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  54. Maaf saya butuh foto o bin going kun , btw Ada yg punya

    ReplyDelete
  55. Maksud saya DEWA o bin ciong kun

    ReplyDelete
  56. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan sejumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diminta untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  57. AGEN JUDI TOGEL | BANDAR TOGEL TERPERCAYA | LIVE CASINO GAMES ONLINE

    WWW.PANGERANMIMPI.LIVE
    WWW.PANGERAN88.COM
    WWW.PANGERAN88.NET merupakan situs untuk pencinta permainan togel online serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 jam. Dengan system enkripsi tingkat tinggi menjamin keamanan dan kerahasian data dari member-member kami.

    Daftar dan bergabung bersama kami di PANGERANMIMPI - BANDAR TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    ReplyDelete
  58. BANDAR TOGEL ONLINE NOMOR 1

    WWW.TOP1TOTO.COM
    merupakan situs untuk pencinta permainan togel online serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 Jam..
    aman Dan Terpercaya serta Pelayanan Depo/WD Tercepat
    Min Depo 20.000
    Min WD 50.000
    Whatsapp : +85517338789

    Daftar dan bergabung bersama kami di
    TOP1TOTO.VIP
    TOP1TOGEL.COM
    TOP1 TOTO.COM
    TOP1JAYA.COM

    SALAMJACKPOT,

    ReplyDelete
  59. tridharma mengajarkan bahwa umat manusia pun setelah melakukan kebajikan dan menjalani hukuman di dunia. ketika naik akan dipersiapkan untuk menjadi sosok pujaan, yang diagungkan dan kemudia disembah untuk mendapatkan berkat dari pujaannya itu. tidak ada pembatasan untuk seseorang melakukan kebaikan dan kebajikan ditengah perjalanannya di dunia.
    support juga situs prediksi angka kami
    - Prediksi Angka Sgp
    - Bocoran Angka Hk
    - Prediksi Sydneypools
    - Rajatoto

    ReplyDelete
  60. Selamat malam admin. Saya melihat blog ini sangat bagus isinya. Tetapi ada sedikit pertanyaan yg hendak saya tanyakan. Yang pertama patung sun wu kong di klenteng kok tidak ada?? Walaupun konon katanya cerita sun wu kong itu hnya fiktif dan hnya gurunya yg real maka kenapa ada saya melihat dan denger tang ki/ki tong (org yg raganya bisa di masukin dewa/perantara dewa) thai sen hut co ?? Itu kan sun wu kong?? Mohon pencerahan? Kemudian saya juga mau bertanya tan tong jin pek pek itu dewa apa dan bagaimana kisah/sejarahnya hinggah ia mendapat gelar dewanya, dan jika ada fotonya boleh share ke saya?? Mohon pencerahan admin.... Thanks

    ReplyDelete
  61. Xie2 sudah mberi info dan menjawab dg baik 🙏🙏🤝👍

    ReplyDelete
  62. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
    Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!

    Sabung Ayam
    Sbobet
    Casino Online
    Tembak Ikan
    IDN LIVE

    Daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    ReplyDelete
  63. mohon bantuan yg tahu riwayat sam ka ang kun lau co.mohon sharing.trims

    ReplyDelete
  64. selamat hari untuk semua orang di indonesia dan juga untuk semua orang di asia, nama saya mrs. fatimah fahariah, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya ganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA, jadi saya yakin berjanji dan hubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat persetujuan lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu ditentukan sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, membuat saya bertanya kepada siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

    Akhirnya, saya ingin mendukung Anda untuk semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    ReplyDelete
  65. Kalau kongco KWAN SING THAI TEE. Dan. kongco TIAN THIAN SIANG TEE dewa apa ya ?

    ReplyDelete
  66. Tolong semuanya membaca dengan seksama ....

    Ada Perusahaan Pinjaman yang sah

    NAMA SAYA: KRESNA DWIPAYANA
    ALAMAT: BOGOR
    NEGARA: INDONESIA
    PINJAMAN JUMLAH: 300.000.000 SAYA WHATSAPP NO: +62812-2304-6876
    EMAIL SAYA: kresnadwipyana398@gmail.com

    Saya memiliki nilai kredit yang sangat rendah sehingga usaha saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak bisa makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. Saya berhutang baik kepada teman-teman saya maupun pemberi pinjaman uang hidup saya di bawah ancaman Saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang dan memulai bisnis baru. Bisnis pertama saya sangat buruk karena saya ditipu untuk 4.036 HRK untuk pindah dua minggu kemudian, saya kehilangan 923 HRK. untuk pemberi pinjaman yang curang jadi saya jatuh secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya mengatakan kepada saya untuk menghubungi perusahaan yang dikirim Tuhan ini ..

    Detail di bawah:

    email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com
    Nama: Ny. Rebacca Alma
    Telepon: +14052595662
    WhatsApp: + 14052595662 Facebook: Rebacca Alma
    Instagram: https://Instagram.com/rebaccaalma
    Situs web: https: //rebaccaalmaloancompany.blogspot.com

    Bahwa saya harus meminta pinjaman berapa pun dengan harapan Ibu Rebacca Alma akan selalu dikembalikan untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan jadi saya meminta sejumlah 137.515 HRk dalam waktu 24 jam cerita saya berubah selamanya Saya membayar semua hutang saya dan saya juga punya cukup uang untuk membiayai bisnis saya sendiri semua berkat teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu saya secara khusus dan juga kepada Bu Rebacca Alma pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Sumber: REBACCA ALMA LOAN COMPANY
    Email: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma rincian: Arlan Yuliandrie.
    Surel: arlanyuliandrie99@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya untuk setiap pertanyaan yang Anda miliki tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman Anda dengan sukses. Email saya kresnadwipayana398@gmail.com
    Mohon jangan tertipu lagi .. Hubungi perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dan berikan kesaksian Anda sendiri.
    Tuhan memberkati kalian semua. Tetaplah Terberkati.

    ReplyDelete
  67. Nama saya Karim Lahamudo, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen palsu dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, mereka adalah penipu, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran lisensi dan biaya transfer, jadi waspadalah terhadap Perusahaan Peminjaman yang curang.
    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak memerlukan pembayaran terus-menerus dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
    Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan memakai teman saya yang saya kenal sangat lintah darat dan menamakan Ibu sejumlah Rp800.000.000 (800 juta) dalam jangka waktu kontak 24 jam tanpa pembayaran konstan atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
    Saya sangat terkejut ketika kompilasi saya melihat saldo rekening bank saya dan menemukan jumlah nomor yang saya ajukan dikirim ke rekening bank saya tanpa penundaan.
    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tali atau penipuan.
    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email asli: belindachristopherloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan, dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda membutuhkan pesanannya.
    Anda juga dapat menghubungi saya di Whats-app +1 (347) 797-0786 dan Sety yang memulai dan memberi tahu saya tentang Ms. belinda
    Yang akan saya lakukan hanyalah mencoba melunasi cicilan pinjaman saya yang akan saya kirimkan langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    ReplyDelete
  68. Very useful info. Hope to see more posts soon!. 먹튀폴리스

    ReplyDelete
  69. Amitofo kak mau tanya apakah kita mempunyai altar di rumah kita harus mempersembahkan makanan ke pada buddha atau bodhisattva harus setiap hari ya? Mohon di jawab ya kak amitofo

    ReplyDelete
  70. Mau tanya ttg dewa yg dipanggil SAMOFO, ada yg tau itu dewa apa

    ReplyDelete
  71. Sangat keren ya mba artikelnya Mampir untuk melihat tes kepribadian

    ReplyDelete
  72. Mohon info utk dewa pengobatan dewa shia djin Kong , Terima kasih sblmnya

    ReplyDelete

  73. BANDAR TOGEL ONLINE NOMOR 1

    WWW.WIFITOTO.COM merupakan situs untuk pencinta permainan togel online serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 Jam. Aman Dan Terpercaya serta Pelayanan Depo/WD Tercepat

    Min Depo 20.000
    Min WD 50.000
    Whatsapp : +6282172882228

    Daftar dan bergabung bersama kami di
    WIFITOTO.COM
    WIFITOTO.LINK
    SUKSESWIFI.COM

    SALAM JACKPOTt

    ReplyDelete
  74. KRISTALQQ situs resmi permainan kartu Online terlengkap dan terpercaya di Indonesia bonus kemenangan nyata ratusan juta

    ReplyDelete
  75. Dewa She ong kong.. yg konon pilar viharanya pasti ada 1 yg cacat krn ceritanya kakinya pincang akibat bertarung dengan roh jahat.
    Dewa kai san tai ti,
    Pendeta tong yang dlm perjalanan ke barat digambarkan 3 akar kejahatan menjadi 3 sosok siluman yg mengikutinya.
    Dewa go lao pek pek,
    Dewa goh ya kong hingga kao ya kong
    Dewi cheng bo (dibawah ranjang) biasanya utk menjaga anak2

    Tolong infonya.. terutama sejarah riwayat mereka. Thx

    ReplyDelete
  76. jangan lewatkan kesempatan dapat keuntungan ratusan juta rupiah setiap hari dari situs resmi terpercaya MEGAPOKER88 daftar dan main sekarang juga

    ReplyDelete
  77. Halo

    Nama saya INDAH BERKAH dari kota Bontang, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang di grup ini yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammer di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Singapura dan saya ditipu oleh orang-orang di singapura. Saya hampir putus asa sampai seorang teman saya menghubungi saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal dan tulus bernama Mrs MARIA ALEXANDER, pemberi pinjaman pribadi yang meminjamkan saya pinjaman sebesar 3 MILIAR tanpa tekanan pada tingkat bunga 2% yang merupakan bunga yang terjangkau tingkat bagi saya.

    Setelah transfer pinjaman saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Ibu MARIA ALEXANDER tanpa penundaan. Karena saya berjanji kepada ibu bahwa saya akan membagikan kabar baik agar orang-orang dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Mrs.MARIA ALEXANDER. Perusahaan Pinjaman Ibu sangat sah, mudah mendapatkan pinjaman, dapat diandalkan, terkenal dengan situs web perusahaan.

    HUBUNGI: IBU MARIA ALEXANDER
    Email ( mariaalexander818@gmail.com )
    ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.


    Saya meluangkan waktu untuk menginformasikan semua bahwa Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: indahberkah011@gmail.com
    dan Ibu AMISHA CHAHAYA yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ibu MARIA ALEXANDER, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu MARIA ALEXANDER, Tahun baru ini 2022, Anda Juga dapat menghubunginya melalui email:( amishachahaya8@gmail.com ) Sekarang , yang akan saya lakukan hanyalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirimkan langsung ke rekening bulanan.

    HUBUNGI: IBU MARIA ALEXANDER
    Email ( mariaalexander818@gmail.com )
    ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.

    Saya ingin berterima kasih kepada ALLAH SWT karena telah menggunakan Ms. MARIA ALEXANDER untuk mengubah kisah keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik yang bangga dengan bisnis saya, semoga Allah terus memberkati Ms.MARIA ALEXANDER dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam keuangan
    kesulitan.

    SEMOGA ALLAH MEMBERKATI KALIAN SEMUA.

    ReplyDelete
  78. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  79. i genuinely love your net website online 토토빅

    ReplyDelete
  80. you're so interesting! I
    카지노세상

    ReplyDelete