Tuesday, December 9, 2014

Legenda dewa-dewi purba (pencipta alam, manusia, hewan, dan peralatan)



Legenda dewa-dewi purba 
(Pencipta alam, manusia, hewan, dan peralatan)

 
Huang Di, Fuxi, Sheng Nong
Ada  dewa-dewi purba yang diyakini sebagai leluhur dari bangsa han, dimana leluhur bangsa Tionghoa meyakini mereka lah yang pertama kali menciptakan pengetahuan untuk bercocok tanam (bertani), berburu, dan juga menangkap ikan, diyakini pula keempat dewa-dewi purba ini sebagai pencipta manusia dan bumi, dengan digambarkan sosok manusia pada jaman purba.
  
Sejarah dari ketiga raja purba Huang Di, Fu Xi dan Shen nong, menjadi cerita tersendiri dan sering kali ketiga raja tersebut dilukiskan bersama, kemungkinan besar ketiganya adalah pimpinan suku-suku primitif yang semula mendiami dataran tiongkok . sedangkan pangu dan nuwa sering di ceritakan sebagai pencipta langit dan jagat raya beserta isinya. 



    1. Pak ku 盤古

Dalam mitologi China Pak ku  (Pinyin Pán Gǔ) adalah Dewata sentral di legenda Penciptaan bumi dan manusia. Pangu, manusia pertama, dikatakan telah terbit dari kekacauan (telur) dengan dua tanduk, dua taring, dan badan berbulu. Beberapa yang telah dia kerjakan adalah pemisahan langit dan bumi, pengaturan matahari, bulan, bintang, dan planet-planet di tempat, dan membagi empat lautan. Dia membentuk bumi dengan memahatnya  melalui palu dan kapak terbentuk lembah dan menumpuk tanah terbentuk pegunungan. Semua ini dicapai dari pengetahuan Pangu untuk yin-yang, prinsip tak terhindarkan dari dualitas dalam segala hal.


Legenda lain menyatakan bahwa alam semesta berasal dari mayat raksasa Pangu ini. Matanya menjadi matahari dan bulan, darah terbentuk nya sungai, rambutnya tumbuh menjadi pohon dan tanaman, keringatnya mengalir ke murai laut, dan tubuhnya menjadi tanah. Umat ​​manusia, apalagi, berevolusi dari parasit yang penuh tubuh Pangu ini.
 
Dalam cerita mitologi china pengambaran Pangu agak berbeda dengan pemujaannya, dalam mitologi Pangu di gambarkan sebagai sosok manusia raksasa berambut panjang dan berbulu, sedangkan dalam pemujaannya biasa ditampilkan sesosok manusia purba bertanduk memakai pakaian dari daun-daunan dengan memegang kapak dan alat pahat, biasa juga digambarkan memegang bola dunia yang dipahatnya.


Cerita Versi lain nya:

Pangu Pada awalnya tidak ada di alam semesta kecuali kekacauan tak berbentuk. Namun kekacauan ini berkoalisi menjadi telur kosmik untuk 18.000 tahun. Di dalamnya, prinsip-prinsip sempurna menentang dari Yin dan Yang menjadi seimbang dan Pangu muncul (atau bangun) dari telur. Pangu biasanya digambarkan sebagai orang primitif, raksasa berbulu dengan tanduk di kepalanya dan dibalut bulu. Pangu mengatur tentang tugas menciptakan dunia,  ia memisahkan Yin dari Yang dengan ayunan kapak raksasanya, menciptakan Bumi (keruh Yin) dan Langit (jelas Yang). Untuk menjaga mereka terpisah, Pangu berdiri di antara mereka dan mendorong Langit



Tugas ini dilakukan sampai 18.000 tahun dengan setiap hari langit tumbuh sepuluh kaki lebih tinggi, Bumi sepuluh kaki lebih luas, dan Pangu sepuluh kaki lebih tinggi. Dalam beberapa versi cerita, Pangu dibantu dalam tugas ini dengan empat binatang yang paling menonjol, yaitu Kura-kura,  Qilin, Phoenix, dan Naga. Setelah 18.000 tahun telah berlalu, Pangu berbaring untuk beristirahat. Napasnya menjadi angin, suaranya guntur, mata kiri matahari dan mata kanan bulan, tubuhnya menjadi pegunungan tinggi dunia, darah terbentuk nya sungai, otot-ototnya tanah yang subur; rambut di wajahnya bintang-bintang dan galaksi Bima Sakti, bulunya semak-semak dan hutan, tulangnya mineral berharga, tulangnya sumsum berlian suci, keringatnya jatuh sebagai hujan, dan kutu pada bulu nya dibawa oleh angin menjadi ikan dan hewan di seluruh negeri. 


Dewi Nugua (Nu wa) kemudian mengunakan lumpur dari sungai dan air untuk membentuk bentuk manusia. manusia ini sangat cerdas karena mereka secara individual dibuat. Begitu menyenangkannya semakin ramai manusia, Nuwa mempercepat pembuatan manusia dengan menggunakan tali ( ada yg mengatakan cabang pohon anggur), percikan lumpur yang  jatuh dari tali menjadi manusia baru.

    2. Nu Wa


Nuwa turun ke bumi setelah pemisahan langit dan bumi, dan setelah penciptaan gunung, sungai, hewan dan tumbuhan. Nuwa tapi diketahui telah menciptakan manusia dari tanah liat atau lumpur.
Sementara Nuwa berkeliling dunia, dia merasa ada sesuatu yang hilang. Dia duduk di tepi sungai dan melihat bayangannya di air, mulai bermain dengan lumpur sungai. Tanpa sadar, ia mencontohkan tanah liat kuning untuk membuat karakter. Namun, bukan memberinya ekor (seperti miliknya), ia memberi kaki  . Nuwa Ketika ia selesai, ia memberikan nafas  dirinya untuk hidup, menari dan tertawa dengan sukacita.


Nuwa begitu bangga ciptaan-Nya bahwa dia memutuskan untuk mengisi dunia dengan karakter tersebut. Dia bekerja di sana sampai malam tiba, dan dilanjutkan sampai keesokan harinya saat matahari terbit tersebut. Karakter-Nya yang indah darinya, Nuwa terus mendengar suara mereka; sekarang akan merasa tidak pernah sendirian dan kesepian.


Tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa tidak mungkin untuk membuat cukup karakter untuk mengisi seluruh dunia terutama karena ia diciptakan seratus karakter dan dia sudah merasa lelah tugas rutin ini. Jadi dia memutuskan untuk menggunakan kekuatan magis nya, dia mengambil cabang pohon anggur, menyeretnya ke dalam lumpur tanah liat kuning dan berputar-putar di udara. Setiap tetes lumpur yang menyentuh tanah berubah menjadi manusia.

Dikatakan bahwa pria berbentuk tangan Nu wa menjadi pandai dan pribadi kuat, sementara orang-orang yang diciptakan dari tetesan menjadi lebih lemah dan rendah hati.

Ketika dia menyadari bahwa angka kecilnya yang fana dan spesies akhirnya akan mati, Nuwa membagi mereka dalam pria dan wanita yang memungkinkan mereka untuk mereproduksi. Dia menjinakkan hewan liar  memberikannya nama dan laki-laki diajarkan untuk mengairi tanah, bersama dengan dewa lainnya.

Nuwa dan Fuxi dan suaminya yang juga terkenal karena telah mendirikan upacara pernikahan dan untuk menyelamatkan dunia dari banjir. Sebuah legenda mengatakan bahwa suatu hari terjadi kekacauan dunia,  manusia dimakan oleh binatang buas, sementara kebakaran dan hujan menghancurkan tanah. sehingga terjadi banjir air bah. ini akibat dari pertempuran Roh air dan Roh api.

Selama penciptaan langit dan bumi, pertempuran berikutnya antara Roh Air, Kung-kung dan Roh Api, Chu-jung telah meninggalkan lubang besar di langit dan kekacauan di dunia .

Dia memilih batu di dasar sungai, batu dengan 5 warna berbeda  yang sempurna untuk mengisi lubang. dan memakai  kaki-kaki kura-kura sebagai pilar untuk menambal lubang tersebut, sekaligus meredakan bencana di bumi.

Sebuah lukisan kuno Nuwa dan Fuxi digali di Xinjiang.  Bersanding bagaikan suami istri, agak sedikit berbeda gambaran dimasa Dinasti Han, ia dijelaskan dalam literatur dengan Fuxi suaminya sebagai laki laik setengah ular naga, sedangkan nu wa sebagai perempuan setengah ular naga, saling berbelit.

Diatas altar biasa nuwa digambarkan sosok perempuan angun seperti permaisuri dengan membawa batu 5 warna, memakai jubah ba gua, sangat jarang kita jumpai dalam kelenteng di Indonesia. Sangat berbeda dengan patung mitologinya yang berbentuk dewi sedang menambal langit.



3. Fu Xi (伏羲)
adalah kaisar purba juga diangap sebagai salah satu leluhur bangsa Tionghoa. kaisar ini dipercaya mengajar rakyat bertani, berburu, dan menangkap ikan, menurut legenda beliaulah yang pertama kali menggambar Bagua, selanjutnya orang-orang mengunakan bagua untuk mencatat peristiwa-peristiwa alam.  Fu xi juga disebut sebagai dewa Bagua, selain itu Fu xi juga dikenal orang pertama yang melaksanakan sistem nama marga "She" dan seluruh menteri dan rakyatnya diharuskan menggunakan nama tersebut. ia pula yang mengajarkan untuk memuja Shenbing dan leluhur.


Fu Xi juga mengajarkan rakyat mengayam tali menjadi jala untuk menangkap ikan, penemuan fu xi yang terbesar adalah cara menggunakan api, dengan ditemukan api mengubah tata cara kehidupan liar menjadi  lebih beradab, penggunaan api kemudian dikembangakan oleh Sui Ren dengan menciptakan pemantik api  melalui mengosokkan dua batang kayu kerin.


Fu Xi lahir pada hilir-tengah Sungai Kuning di sebuah tempat bernama Chengji (mungkin yang modern Lantian, Shaanxi atau Tianshui, Gansu).

Orang Cina tradisional percaya bahwa Fuxi bisa mengambil bentuk naga. Fuxi seharusnya memiliki tubuh ular, dan naga pertama dikatakan telah menampakkan diri kepadanya di 2962 SM

Menurut legenda tanah itu tersapu oleh banjir besar dan hanya Fuxi dan adiknya Nuwa selamat. Mereka
pergi ke gunung Kunlun di mana mereka berdoa kepada Kaisar Langit, untuk menghentikan bencana tersebut.
karena hal-hal tersebut diatas, Fu Xi disebut sebagai dewata pelindung pertanian, dewata pelindung peramal, hari kebesarannya diperingati pada tanggal ke 20 bulan ke 8 imlek



4. Shen Nong Da Di (神农)
Dikalangan rakyat,Shen Nong ( 2600SM- 2200SM ) disebut sbg Wu GU Wang atau Raja Palawija, atau Shen Nong Da Di yg berarti Kaisar pertanian, Ia dianggap sbg Dewa pertanian, menggajar bercocok tanam padi dan palawija. patung Shen Nong Da Di ditampilkan dgn kepala bertanduk, telanjang dada,memakai pakaian dari daun-daunan dan telanjang kaki. bentuknya sangat berlainan dgn patung dewa yg umumnya dipuja. hari lahirnya pada tgl 26 bulan 4 Imlek.

Dalam legenda, Shen Nong dianggap sebagai Dewa matahari yg disebut Yan Di. Ya Di dgn penuh kesabaran mengajar orang menanam padi dan palawija, sehingga rakjat tidak kelaparan, Ia dianggap penemu beberapa macam alat utk pertanian seperti cangkul, garu dan bajak, Dia juga diceritakan sbg orang pertama yg menemukan cara-cara memperoleh garam dgn menguapkan air laut.seringkali dalam dongeng Shen Nong disebut sbg berkepala kerbau, ini disebabkan karena Ia mengajar cara-cara memanfaatkan tenaga hewan membantu bercocok tanam.

Yan Di alias Shen Nong ini ternyata tidak hanya Dewa pertanian, Dia juga seorang Dewa pengobatan. Ia selalu menggunakan lidahnya dalam mengecup rumput2 obat untuk mengetahui rasa dan sifatnya yg khusus seperti beracun dan tidak, panas atau dingin. berdasarkan sifat khusus inilah Shen Nong memakai rumput obat untuk mengobati rakyatnya. suatu ketika Ia mengecup rumput beracun yg disebut daun tuan chang cao atau rumput pemutus usus, Beliau tewas karena mengorbankan dirinya untuk kemajuan ilmu pengobatan.

Klenteng Shen Nong Da Di bertebaran di Tiongkok daratan, di Taiwan juga terdapat Shen Nong Dian ( kuil Shen Nong ) di Tainan, di Indonesia klenteng untuk Shen Nong Da Di terdapat antara lain di Pekalongan dgn memakai nama Bao An Dian yg berarti " Istana Pelindung Keselamatan ".



30 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Sungguh sangat membantu infonya ....terima kasih

    ReplyDelete
  3. ingin uang tambahan ? ingin dompet anda selalu tebal ? yuk coba keberuntungan kamu dalam permainan kartu hanya di webiste kami ya www,badoqq,com (koma ganti titik ya guys )

    ReplyDelete
  4. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/mendadak-lapar-tengah-malam-santap-saja.html
    http://taipanqqculinary.blogspot.com/2018/02/sajikan-cokelat-istimewa-untuk.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/selamatkan-korban-gempa-bumi-taiwan.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    ReplyDelete
  5. artikel menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    ReplyDelete
  6. For more information please visit to my site, maybe i can help you to get more

    Website : slot indonesia
    My blog : slot online

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  8. spa manager  

    skin care

    learn eyelash extensions

    tattoo spray



    Class College Education training Beauty teaching university academy lesson  teacher master student  spa manager  skin care learn eyelash extensions tattoo spray

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. AGEN JUDI TOGEL | BANDAR TOGEL TERPERCAYA | LIVE CASINO GAMES ONLINE

    WWW.PANGERANMIMPI.LIVE
    WWW.PANGERAN88.COM
    WWW.PANGERAN88.NET merupakan situs untuk pencinta permainan togel online serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 jam. Dengan system enkripsi tingkat tinggi menjamin keamanan dan kerahasian data dari member-member kami.

    Daftar dan bergabung bersama kami di PANGERANMIMPI - BANDAR TOGEL ONLINE TERPERCAYA

    ReplyDelete
  11. BANDAR TOGEL ONLINE NOMOR 1

    WWW.TOP1TOTO.COM
    merupakan situs untuk pencinta permainan togel online serta berbagai macam permainan Live Casino Games yang menarik disiarkan secara LIVE 24 Jam..
    aman Dan Terpercaya serta Pelayanan Depo/WD Tercepat
    Min Depo 20.000
    Min WD 50.000
    Whatsapp : +85517338789

    Daftar dan bergabung bersama kami di
    TOP1TOTO.VIP
    TOP1TOGEL.COM
    TOP1 TOTO.COM
    TOP1JAYA.COM

    SALAMJACKPOT,

    ReplyDelete
  12. MEWAHBET adalah salah satu situs judi slot online terbaik yang menyediakan berbagai permainan judi yang sangat populer di indonesia.
    cara main slot
    slot darumabet
    daftar darumabet
    situs judi slot
    mewahbet
    slot mewahbet
    mewahbet
    daftar mewahbet
    Situs Judi Slot
    mewahbet

    ReplyDelete
  13. SARANAPELANGI adalah situs permainan kartu Online terlengkap aman dan terpercaya dengan server kualitas terbaik dan tercepat tanpa admin ataupun robot yang ikut bermain bonus kemenangan nyata ratusan juta

    ReplyDelete
  14. POKERBET88 merupakan salah satu situs permainan kartu dan slot Online terbaik, terlengkap, aman dan terpercaya dengan persentase kemenangan yang tinggi saat ini di Indonesia. Situs ini juga menyediakan berbagai macam permainan SLOT Online yang populer dengan sistem dan server stabil yang mudah di akses kapanpun dan dimanapun.

    ReplyDelete